Home / News / Sound News / Lauryn Hill Ternyata Pernah Nyanyikan Lagu Anti-Gay

Lauryn Hill Ternyata Pernah Nyanyikan Lagu Anti-Gay

KONTERKULTUR–Aktris sekaligus musisi R&B asal Amerika, Lauryn Hill ternyata pernah menyanyikan lagu yang berisi ungkapan anti-Gay. Dalam lagunya yang berjudul “Neurotic Society”, terdapat beberapa kata sinis seperti “girl men,” “drag queens” dan ”social transvestism” yang oleh publik diindikasikan memuat pesan anti Gay.

Pada tahun 2013 single tersebut sempat menjadi kontroversial, dikutip dari huffingtonpost.com (06/03/2013). Menanggapi hal tersebut, musisi yang juga merupakan menantu dari legenda reggae Bob Marley ini pun menunjukkan sikap dengan mengatakan bahwa lagunya tidak secara khusus ditujukan untuk apa dan siapa. Lagu tersebut dinyanyikan untuk siapapun manusia di lingkungan sekitar yang seringkali bersembunyi dari gangguan jiwa, tanpa mampu membuat penyelesaian pada penyimpangan tersebut. Dalam hal ini, sangat mungkin bahwa “Gay” adalah salah satu penyimpangan yang dimaksud oleh Hill.

“Setiap orang punya keyakinannya masing-masing. Meskipun sebenarnya saya tidak sepenuhnya sepakat dengan yang semua orang lakukan, tapi saya yakin setiap orang punya hak untuk protes. Pesan utama dari lagu saya adalah untuk bangkit dan stop berkompromi! Saya berharap hal tersebut dapat memotivasi dan membuat perubahan bagi lingkungan di sekitar kita”, tulis Lauryn Hill di akun tumblr nya. Sementara itu, Sony entertainment yang merupakan label musik dari single Neurotic Society tidak menganggap serius kontroversi lagu tersebut.*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.