Home / Artikel / Kenal Tokoh / Legenda Skateboard Tony Hawk Pernah Menolak Sponsor Rokok Bernilai Triliunan Rupiah
Tony Hawk (sumber foto http://www.vg247.com/)

Legenda Skateboard Tony Hawk Pernah Menolak Sponsor Rokok Bernilai Triliunan Rupiah

BANYAK penggemar skateboard menganggap Tony Hawk adalah ‘pelacur’ skateboard. Sebab memang Tony Hawk inilah orang yang pertama memasyarakatkan skateboard sekaligus memasarkannya secara komersial. Banyak orang menganggap Tony telah mengacak-acak kredo skateboard agar tetap menjadi subkultur yang anti-mainstream.

Salah satu peristiwa paling fenomenal ketika Tony menandatangani kontrak dengan raksasa kapital McDonald yang membuatnya dituduh sellout alias pengkhianat. Selain itu dia juga terlibat dalam beberapa sponsor seperti Jeep, Quicksilver, Sony Playstation, Club Med, Bagel Bites, hingga jaringan retail ternama Kohl’s.

Padahal skateboard, sama halnya seperti musik Punk, juga memiliki idealisme yang sama soal kemandirian dan independensi. Wajar saja kalau ada beberapa pihak skeptis bila melihat kesuksesan Tony Hawk secara finansial.

Meskipun Tony kelihatan permisif terhadap sponsor, tapi dia masih punya sisi moral dan memilah-milah sponsor mana yang berdampak baik buat masyarakat dan mana yang tidak. Dalam wawancara berjudul “Who you callin’ a sell out?”, Tony mengungkapkan kepada portal theberrics.com bagaimana dia memilih sebuah sponsor.

“Pada waktu itu, saya tahu, saya menjadi personal yang dibenci karena memilih jalan mainstream”

“Saya menandatangani beberapa kontrak dengan perusahaan. Kamu tahu, saya tidak punya kontrol atas penggunaan nama saya. Bisa saja seseorang menggunakan nama saya untuk ‘nyampah’,”

“Tahun 80-an, skateboard tidak sebesar sekarang. Hingga akhirnya ada kontes-kontes semaca X-Games yang membuat skateboar kembali berkembang. Itulah kesempatan kedua saya untuk melakukan promosi atau endorsement,”

“Saya pikir, saya melakukan sesuatu sesuai jalurnya. Meskipun saya bekerjasama dengan McDonald, hal itu tidak mengubah pandangan dan keyakinan saya. Saya tidak berubah sama sekali,”

“Seringkali saya ditawari sponsor tur oleh perusahaan rokok dan saya menolaknya, WAW! Saya tetap bertahan (dengan idealisme)” ungkap Tony Hawk dengan amat bangga.

“Mereka mengiming-imingi saya dengan sponsor gold. Gila! Saya tidak pernah merubah prinsip saya hanya untuk uang,”

“Jujur saja, McDonald berkomitmen untuk memberikan dana yang besar kepada yayasan sosial melalui saya. Dengan endorsment dari McDonald, saya bisa membangun banyak skatepark. Saya juga bisa mempromosikan skateboard dengan lebih luas. Mungkin dengan nama besar dan jaringan luas McDonald, ada orang-orang yang terinspirasi untuk memulai bermain skateboard,”

Begitulah Tony Hawks. Bisa jadi dia mendukung sponsorship dari korporat, tapi semata-mata bukan untuk kepentingan egoisme dirinya sendiri saja. Tapi dia juga berusaha membangun komunitasnya dari keuntungan komersial itu.

Di buku Tony Hawk: Skateboard Mogul dia pernah menantang orang-orang yang menuduhnya telah sellout atau berkhianat. “Sisi ironis dari tuduhan pengkhianat adalah mereka dengan gampang menuduhmu berkhianat ketika barang-barang kreasimu berhasil terjual. Saya telah membuat produk saya sendiri sejak umur 14 tahun, tapi tidak ada orang yang mau membeli,” curhat Tony Hawks.

Yang paling penting juga, dia tetap menjaga idealisme-nya. Seperti yang banyak diketahui, Tony Hawks merupakan salah satu artis yang mendukung kampanye anti tembakau. Dia bahkan merelakan semua gambar-gambar stylish-nya dicoret-coreti “Be Tobacco Free!”. Tentu saja dengan gratis.

Apa ada yang berani mengikuti jejak Tony Hawk?*[]

Ditulis oleh: Buang Angin

One comment

  1. skateboard hero ………………………………….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*