Home / News / Sound News / Logo Bandnya Dipakai Desainer Fashion Tanpa Ijin, Vokalis AGAINST ME! Marah

Logo Bandnya Dipakai Desainer Fashion Tanpa Ijin, Vokalis AGAINST ME! Marah

KONTERKULTUR–Sebagaimana yang diberitakan oleh Pitchfork, vokalis AGAINST ME! yang baru beberapa tahun ini pindah kelamin Laura Jane Grace memprotes produk fashion bikinan desainer¬† terkenal yang menggunakan asesoris logo AGAINST ME!.

Toko fashion tersebut adalah Topshop. Mereka menjual produk jaket kulit tersebut dengan harga yang sangat mahal, yaitu $700 USD, atau sekitar 9 juta Rupiah. Selain itu, ada juga logo band-band punk lainnya yang dicantumkan disitu, diantaranya adalah CHOKING VICTIM, THE VANDALS, dan BOUNCING SOULS.

Logo-logo band punk tersebut dicantumkan tanpa ijin dari pihak band. Para desainer fashion tersebut mungkin mengira kalau logo band punk boleh asal pakai dipakaian hasil desainannya, lalu boleh dijual dengan harga semahal mungkin.

Vokalis AGAINST ME! yang banci itu mengatakan dalam twitternya “Hey TOPSHOP, kamu menjual jaket seharga 9 juta dengan logo band saya tanpa permisi. Nggak keren blas!”.

Kemudian Grace menambahkan, “AGAINST ME! adalah trademark yang secara resmi saya yang punya.”

Lalu pihak Topshop merespon kicauan Grace, “Hi Grace, kami sudah mengerti. Kami sudah mencopot jaket itu dari website kami dan kami telah menurunkannya dari display toko.”

Kini sudah nggak ada lagi produk jaket kulit tersebut di toko milik Topshop.

Memang menjual produk rip-off adalah kontroversi dikalangan punk sendiri. Kebanyak punk membolehkan produknya di jiplak oleh siapapun sebagaimana yang dilakukan oleh CRASS, namun dengan satu syarat tidak boleh menjualnya dengan harga abnormal. Atau kalau memang harus mengambil keuntungan, ambil yang wajar dan gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Beberapa band punk tidak mau produknya di jiplak oleh siapapun, agar semua orang membeli yang orisinil kepada mereka. Ujung-ujungnya kapitalisme juga deh. Hehe.*[KK]

Rep: Marko

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*