Home / COUNTER BANDS / Band Bule / Lord Jamar ‘BRAND NUBIAN’, Sosok Musisi Hip-hop yang Anti-Banci

Lord Jamar ‘BRAND NUBIAN’, Sosok Musisi Hip-hop yang Anti-Banci

KONTERKULTUR–Personel grup hip-hop BRAND NUBIAN, Lord Jamar adalah orang yang dikenal sangat anti terhadap perbuatan seks menyimpang seperti homoseksual dan lesbian. Pada tahun 2013, Lord Jamal pernah mengolok Kanye West ketika West memakai rok di acara konser benefit untuk Hurricane Sandy. Jamar menyeru kalau apa yang dilakukan Kanye West itu sama seperti memasukkan kebanci-bancian kedalam scene hip-hop. Jamar memposting foto Kanye West di instagram lalu nge-tweet kalimat olokan.

Setelah itu Lord Jamar bikin lagu baru, yang sekali lagi ditujukan untuk menyerang Kanye West. Judulnya “Lift Up Your Skirt” alias “Angkat Rok-mu”. Liriknya sangat kental menyerang perilaku Kanye West yang menurutnya kebanci-bancian.

“Seseorang marah setelah membaca hash tag-ku. Instagram, pria kulit hitam keliatan agak kebanci-bancian. Dengan memakai blazer dan rompi. Aku hanya terkejut melihat kekacauan itu. Pioner dari banci tahi ini adalah Kanye West. Dia mengenalkan jeans ketat ke scene rap. Lalu dia memakai rok menjijikkan di depan layar video. Lalu dia pakai lagi dalam sebuah kenangan. Aku nggak bisa berpura-pura bahwa hal sialan ini adalah perbuatan tercela. Aku bertaruh bahwa orang-orang menganggap dia sangat mengagumkan. Musikmu bagus sih, tapi ego-mu sangat mengerikan.”

Jamar memang dikenal sangat sensitif dengan isu-isu LGBT. Pada tahun 1991, A TRIBE CALLED QUEST dan BRAND NUBIAN merekam sebuah lagu unreleased yang berjudul “Georgia Porgie” yang kemudian dikenal dengan lagu hit “Show Business” dalam album mereka “The Low End Theory”. Dalam lagu tersebut, para rapper Q-Tip, Phife Dawg, Sadat X, Grand Puba dan Lord Jamar sendiri secara percaya diri meproklamirkan penyimpangan kaum homoseksual.

Bibit-bibit semangat scene hip-hop dalam mencegah penyimpangan kaum LGBT kini harus berhadapan head- to-head dengan ‘anak baru’ dalam scene hip-hop saat ini seperti FRANK OCEAN dan EMINEM yang begitu pro mendukung pernikahan sejenis.*[KK]

Rep: Markonah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*