Home / News / Art News / Majida’s Diaries, Komik Para Feminis untuk Mengelabuhi Orang Muslim

Majida’s Diaries, Komik Para Feminis untuk Mengelabuhi Orang Muslim

KONTERKULTUR–Para penggiat feminisme kini mulai melakukan banyak cara untuk menyebarluaskan paham liberal yang berkedok padai upaya kesetaraan gender tersebut . Jika sebelumnya pahlawan-pahlawan perempuan banyak muncul di komik atau tokoh kartun barat, kini di negara timur yang mayoritas penduduknya muslim seperti Yordania pun juga muncul fenomena “heroin” atau pahlawan perempuan dalam bentuk komik.

Komikus asal Yordania, Ahmad Qatato kini telah membuat versi tokoh utama perempuan dalam komik strip-nya yang berjudul Yawmiyat Majida (Majida’s Diaries). Tokoh utama dalam komik strip tersebut adalah Majida, yang diawal digambarkan sebagai seorang wanita Yordania yang bebas, pekerja keras dan jenaka.

Dilansir dari alarabiya.net (20/09/2014), Majida’s Diaries berkisah tentang cerita keseharian seorang Majida, gadis yang meski berkerudung namun memiliki sifat yang berlainan dengan penampilannya. Majida digambarkan sebagai seorang gadis Yordania yang bebas, ambisius dan sesekali “guyonannya” pada kebiasaan konvensional wanita Yordania pada umumnya.

Komik strip ini mulai popular di Yordania namun juga mendapat kritikan karena kental sekali dengan isu feminisme yang berujung pada penyampaian pesan bahwa seharusnya wanita Yordania bisa lebih “bebas” berekspresi dan menikmati kebebasannya. Di dalam komik, Majida memang digambarkan sebagai mahasiswa perempuan yang ekspresif dan keras kepala, sebuah karakter yang sangat cocok dijadikan panutan bagi para penggiat feminisme.

Komik ini dinilai umat muslim dunia sebagai upaya kaum feminis Barat untuk mengelabuhi wanita-wanita muslimah agar berontak melawan kodratnya. Kelihatannya saja terkesan Islami, padahal isi dibaliknya justru sebaliknya.*[KK]

Rep: Ynnah

Red: Adiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*