Home / COUNTER BANDS / Band Lokal / MBF (Aek Kanopan Oldschool HC), Positif dan Enerjik!
MBF

MBF (Aek Kanopan Oldschool HC), Positif dan Enerjik!

MBF adalah band oldschool hardcore/punk asal Aek Kanopan, sebuah kota kecil di Sumatera Utara. Band ini baru terbentuk tanggal 23 November 2013, tapi sudah beberapa kali bongkar pasang personil. Kini line-up terakhir diisi oleh Budi (Vokal), Lambok (Gitar) dan Yogi (Drum). Mereka mengaku terpengaruh oleh lagu-lagu Straight Answer, Jeruji, Dead Pits, dan Martyr. Menurut mereka, keempat band itu banyak membawa pesan-pesan positif dan enerjik.  Salah satu lagu milik MBF ikut serta dalam kompilasi TOGETHER WE STAND Vol. 1 yang dirilis oleh KONTERKULTUR dan DUITYOURSELF REKORDS.

Jika ingin mengenal lebih lanjut, mari kita simak obrolan dengan personel MBF berikut :

KK: Apa kesibukan kalian saat ini?

MBF:  Ngeband, kerja, usaha

KK: Apa sih MBF? Kedengeran seperti singkatan?

MBF: Sebenarnya awal terbentuknya band ini bernama Muhammad Budi Fajar, karena nama Muhammad Budi Fajar terlalu panjang jadi kami berinisiatif menyingkatnya menjadi MBF, Yang pasti kalau soal nama kita tidak begitu peduli, MBF ya MBF

KK: Apa yang bikin kalian tertarik bikin band ini?

MBF: Selain memang senang ngeband kita juga pingin menjadi filter dan warna untuk anak-anak muda disini.

KK: Siapa saja yang menginfluence kalian dalam segi musikal dan lirik? Dan mengapa mereka?

MBF: Banyak ya, diantaranya seperti Stright Answer, Jeruji, Dead Pits, Martyr .. Karena lirik-lirik yang positif dan energik

KK: Apa yang biasa kalian bahas dalam lirik lagu?

MBF: Persoalan masyarakat sekitar, konflik kemanusiaan, pokoknya apa yang membuat kita gelisah lah.

KK: Menurut kalian, dimana letak kesulitannya menulis lirik?

MBF: Nyocokinnya ke musiknya mungkin ya..

KK: Pernahkah kalian berpikir kelak akan totalitas bermusik dan bisa dapat memenuhi kebutuhan hidup dari bermusik? Atau sebaliknya, kalian menganggap bermusik seperti ini hanya sementara saja?

MBF: Waduh … gimana ya, yang pastinya kita ngeband sampai kita ga bisa lagi ngeband (bukan berarti sampai meninggal atau sakit ya), kita ga pernah berfikiran untuk memenuhi kebutuhan hidup dari bermusik, kita bermusik untuk menghasilkan yang baik untuk sekitar, kalau hasilnya atau efeknya tidak baik lebih baik tidak bermusik sama sekali.

KK: Kira-kira sampai usia berapa kalian bakal aktif di scene musik ini?

MBF: Ga ada batasan, berjalan aja, ga maksain ga ada target soal usia

KK: Kalian udah ada yang menikah atau punya anak? Apa yang kalian lakukan kalau anak-anak kalian tahu kalau orang tuanya nge-band beraliran punk/hardcore gini? Pernahkah berpikir untuk merahasiakannya dari anak-anak kalian nanti?

MBF: Yang menikah ada tapi belum dikasih momongan, mungkin menjelaskan sama si anak ketika umurnya sudah pas untuk dikasih penjelasan, kalau merahasiakan ada sih terpikir.

KK: Pernahkah punya pengalaman manggung yang buruk? Gimana ceritanya?

MBF: Dibilang buruk sih nda buruk – buruk juga ya, ceritanya gini, waktu itu kita main di kota Medan tuh, nah jarak dari tempat tinggal kita ke Medan itu sekitar 5 jam perjalanan naik kereta api, nah kita main pertama dan yang nonton itu ga ada hahaha paling 5-8 orang itu juga panitia yang ngadain acaranya. Hahahaha..

KK: Kadang menjadi seorang yang relijius di scene punk agak tabu. Untuk beberapa orang masih kurang pede menunjukkan diri bahwa dirinya sebenarnya sangat relijius. Padahal itu sangat berbeda dengan di scene punk Barat, yang mana band-band hardcore/punk justru pede menunjukkan identitasnya sebagai orang-orang yang relijius. Menurut kalian kenapa begitu? Apa pendapat kalian?

MBF: Mungkin masih memegang prinsip “bangga dengan kesalahan”.

KK: Apa pendapat kalian tentang alkohol, seks bebas dan narkoba? Pernah punya pengalaman khusus tentang tiga benda berbahaya itu?

MBF: Jelas nggak ada baiknya, buat masa depan hancur, dunia akhirat sangat – sangat merugi, Pernah punya pengalaman, salah satu personil kita mantan pemakai dulunya, sekitar 4 tahun sudah berhenti.

KK: Apa harapan band ini kedepannya dalam jangka pendek maupun jangka panjang?

MBF: Pingin buat album.

KK: Bikin album kan gampang. Target yg lebih tinggi apa?

MBF: Apa yah .. kayak nirvana kali yah, di ikutin sama fans nya .. tapi kita kearah positifnya.

KK: Apa pandangan kalian tentang pembajakan? Bolehkah, atau boleh namun bersyarat, atau justru terlarang secara mutlak?

MBF: Waduh pusing juga nih jawabnya, kalau dibilang ga boleh nih software komputer yang kita pakai pada bajakan hahahahaha, blum lagi lagu-lagu yang kita download hahaha, Nah kalau dibilang boleh jelas-jelas kita ga menghargai karya orang lain .. Pusing . Tapi kalau untuk lagu kita sih terserah aja mau didownload, di bajak, dibajak disawah juga boleh hahaha..*[]

 

Facebook page: https://www.facebook.com/pages/MBF/168126323379584?fref=ts

Reverbnation: https://www.reverbnation.com/mbf5

 

Editor: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.