Home / News / Other News / Membuka Gadget Sebelum Tidur Ternyata Sangat Berbahaya!

Membuka Gadget Sebelum Tidur Ternyata Sangat Berbahaya!

KONTERKULTUR–Sering menggunakan gadget sebelum tidur di malam hari? Hati-hati, penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuan dari Boston Massachussets menemukan bahwa kebiasaan bermain gadget sebelum tidur memiliki dampak yang lebih berbahaya dari sekadar berkurangnya waktu dan kualitas tidur manusia.

“Dari hasil penelitian, kita temukan bahwa terlalu lama menatap sreen gadget sebelum tidur akan menekan level melatonin dalam tubuh”, ujar dr. Anne-Marie Chang yang merupakan ahli syaraf dan tergabung dalam penelitian. Lanjutnya “Hasil studi kami menunjukkan bahwa dibandingkan dengan membaca buku konvensional (cetak, red), membaca tulisan melalui layar handphone, laptop, atau televisi akan memberikan efek yang desdruktif pada tubuh manusia”.

Dikutip dari huffingtonpost.com (23/12/2014), penelitian yang dilakukan selama dua pekan dan melibatkan 12 partisipan yang merupakan pengguna iPad. Para maniak gadget tersebut tidak hanya kehilangan kualitas tidur, tapi juga tercatat memiliki kadar melatonin yang lebih sedikit daripada pembaca buku biasa. Kurangnya kadar melatonin ini adalah hal serius karena juga bisa berdampak pada penyebab kanker.

Menanggapi hal tersebut, saran dari para peneliti adalah untuk sebisa mungkin menghindari menatap layar gadget terlalu lama. Kuatnya sinar yang dihasilkan akan menyebabkan keabnormalan fungsi pada mata yang efeknya mungkin tidak bisa langsung kita rasakan, namun bisa berdampak fatal di kemudian hari. “Bagi anda yang memang memiliki profesi yang mengharuskan menatap layar komputer atau gadget yang lebih sering di malam hari, gunakanlah fitur pengurangan pencahayaan atau pengaman layar yang bisa mengurangi efek langsung pada mata”, pungkas dr. Chang.*[KK]

Red: Hanny

Editor: Abu Hafizh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.