Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Mengenal Headbanging: Dampak Buruk dan Para Korbannya (Part.2)

Mengenal Headbanging: Dampak Buruk dan Para Korbannya (Part.2)

KONTERKULTUR—Headbanging, seperti yang telah dijelaskan dalam tulisan sebelumnya, adalah gerakan yang dilakukan para pecinta musik heavy metal dengan cara mengangguk-anggukkan kepada secara ekstrim.

Meskipun kelihatannya mengasikkan dan keren, tapi satu hal yang harus kita ketahui bahwa setiap gerakan-gerakan yang berlebihan pasti ada dampak buruknya. Berikut ini adalah fakta-fakta bagaimana headbanging dapat menyebabkan penyakit tertentu dan telah memakan banyak korban dari kalangan metalhead kelas dunia.

Pada tahun 2005, Terry Balsamo, gitaris EVANESCENCE, mengalami stroke yang menurut dokter kemungkinannya disebabkan oleh gerakan headbanging yang terus menerus.

Pada tahun 2007, vokalis dan pendiri band MOLOKO asal Irlandia, Roisin Murphy, menderita luka di matanya saat sedang manggung menyanyikan lagu “Primitive” lalu melakukan headbanging, kepalanya dibenturkan ke kursi yang ada diatas panggung.

Pada tahun 2009, bassis band thrash legendaris SLAYER, Tom Araya, mengalami masalah di sumsum tulang belakangnya yang diakibatkan oleh headbanging secara agresif, dan harus menjalani anterior cervical discectomy dan fusi. Sejak itu, Tom Araya tidak diperbolehkan lagi melakukan gerakan headbanging jika ingin tetap sehat.

Pada tahun 2011, gitaris MEGADETH, Dave Mustaine mengatakan bahwa lehernya ditengarai mengalami sakit stenosis yang disebabkan oleh bertahun-tahun dirinya melakukan gerakan headbanging.

Tak terkecuali Craig Jones, pemain sampler SLIPKNOT, juga pernah menderita sakit whiplash di lehernya setelah melakukan gerakan headbanging yang brutal dan berlebihan.

Para metalhead sekaliber dunia pun tidak luput dari dampak buruk headbanging. Mereka mengalami cedera-cedera yang serius setelah bertahun-tahun melakukan aktivitas ekstrem tersebut. Tentu tidak langsung bisa dirasakan pada seketika, tapi lama kelamaan kondisi tulang-tulang dan otot di tubuh jelas akan mengalami kerusakan.*[tamat/KK]

Oleh: Aik (Agen KK dari Surabaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*