Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Mengenal Headbanging: Sejarah dan Asal-usulnya (Part.1)

Mengenal Headbanging: Sejarah dan Asal-usulnya (Part.1)

KONTERKULTUR—Headbanging adalah gerakan menggerak-gerakkan kepala dengan keras bersamaan dengan musik cadas dimainkan. Gerakan headbanging biasanya dilakukan oleh musisi metal yang sedang bermain diatas panggung maupun para penggemar yang sedang menontonnya.

Istilah “headbanging” masih diperdebatkan dari mana asal mulanya. Kemungkinan istilah tersebut muncul sejak tour band rock lawas LED ZEPPELIN yang pertama kalinya pada 1969. Saat konser berlangsung di Boston Tea Party, beberapa audiens yang menonton di deretan paling depan mengangguk-anggukkan kepalanya dengan keras ke arah depan bersamaan dengan ritme musik. Bukti ini juga bisa dilihat di rekaman konser Led Zeppelin saat konser di Royal Albert Hall pada 9 Januari 1970 dalam format DVD, yang baru dirilis pada tahun 2003. Disitu terlihat jelas sederetan penonton sedang melakukan gerakan headbanging.

Ozzy Osbourne dan Geezer Butler dari band metal satanis BLACK SABBATH juga dianggap memiliki dokumentasi asal usul headbanging, yaitu saat mereka konser di Paris pada tahun 1970.

Lemmy, pentolan MOTORHEAD, pernah mengatakan pada sebuah dokumenter wawancara “The Decline of Western Civilization II: The Metal Years”, bahwa istilah “headbanger” bisa jadi lahir dari nama band-nya sendiri yaitu “Motorheadbanger”. Tapi argumentasi itu kedengaran agak konyol.

Ian Gillian, pentolan DEEP PURPLE, ketika ditanya tentang kapan ditemukannya istilah headbanging, dia mengatakan, “ada banyak kemungkinan”, kemudian dia mengklaim bahwa dahulu yang dilakukan orang-orang bukan benar-benar headbanging, melainkan mengibaskan rambutnya.*[bersambung/KK]

Oleh: Aik (Agen KK dari Surabaya)

3 comments

  1. mohon pencerahan ? apakah benar selentingan yang pernah saya dengar bahwa sebenarnya headbang ini meniru gaya sholatnya orang yahudi

    • setahuku sih solatnya orang yahudi memang manggut2 di depan tembok ratapan. tapi nggak kasar2 amat kayak orang headbanging.

  2. Boleh tau ga mas, data validnya dapet dr mana. Seperti ngutip apa yang ian gillian bilang dari mana?? Matur nuwun sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*