Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Mengenal Moshing: Akibat Fatal dan Para Penentangnya (Part.2)

Mengenal Moshing: Akibat Fatal dan Para Penentangnya (Part.2)

KONTERKULTUR—Band post-hardcore asal Washington D.C, FUGAZI, pernah menentang slamdancing disaat mereka menggelar konser. Para personel Fugazi bahkan pernah secara khusus meminta maaf kepada para penonton dan memohon agar mereka berhenti moshing karena bisa menyakiti penonton lainnya. Hal itu disampaikannya diatas panggung langsung melalui mikrofon.

"No moshing" sign, Bumbershoot 2010, Seattle Center, Seattle, Washington.(Photo by Joe Mabel)

“No moshing” sign, Bumbershoot 2010, Seattle Center, Seattle, Washington.(Photo by Joe Mabel)

Sebuah band industrial-dance asal Amerika era 90-an, CONSOLIDATED, juga pernah menentang moshing. Pada album ketiga mereka “Play More Music”, mereka memasukkan lagu berjudul “Men’s Movement”, yang didalamnya menegaskan hal-hal yang tidak pantas dilakukan ketika slamdancing. Pada rekaman itu terdapat debat antara personel Consolidated dengan penontonnya tentang boleh tidaknya moshing.

Papn larangan moshing di Portland's Roseland Theater(Photo: Jesse Means)

Papn larangan moshing di Portland’s Roseland Theater(Photo: Jesse Means)

Penentangan moshing juga datang dari band rock tahun 1990-an, THE SMASHING PUMPKINS, yang dipicu dari dua kali insiden berdarah yang diakibatkan oleh moshing. Pada 1996, saat band yang digawangi Billy Corgan ini mengadakan konser di Dublin, Irlandia, seorang anak berusia 17-an bernama Bernadette O’Brien terluka parah akibat kerumunan orang yang melakukan moshing sembarangan. Kemudian ketika sampai di rumah sakit, anak tersebut meninggal dunia.

Billy Corgan, Smashing Pumpkins (image: NME.com)

Billy Corgan, Smashing Pumpkins (image: NME.com)

Dilain kesempatan, Billy Corgan mengatakan kepada publik:

“Saya hanya ingin mengatakan satu hal kepada kalian, kalian yang muda, anak-anak kuliahan. Saya telah melihat kalian saling menghantam dengan orang lain (baca: moshing) selama 7 tahun lamanya. Dan kalian tahu apa? Ini adalah tahi yang sama! Saya berharap kalian paham bahwa di lingkungan seperti ini, dan di konteks seperti ini, akan sangat nggak pantas dan nggak adil kepada orang-orang yang berdiri disekitarmu. Saya dan kami (Smashing Pumpkins), secara terbuka menyatakan bahwa kami melawan moshing!”

Fan Smashing Pumpkins lainnya juga pernah menjemput ajalnya saya band ini konser di Vancouver, British Columbia, Kanada pada 24 September 2007 lalu. Penyebabnya juga sama: gara-gara melakukan moshing. Seorang pria berusia 20 tahun ikut terseret dalam kerumunan moshpit, kemudian terluka parah hingga tak sadarkan diri. Pria tersebut mati setelah diberi pertolongan darurat dari pihak rumah sakit.

Band ska yang tersohor, REEL BIG FISH, pada tahun 1998 meluncurkan album berjudul “Why Do They Rock So Hard?” yang didalamnya banyak kritikan terhadap gaya menari moshing. Terutama dalam lagunya yang berjudul “Thank You for not Moshing” yang isinya menyindir sebagian pelaku moshing yang menggunakan kesempatan untuk melampiaskan kekerasan.

Mantan drummer dan pendiri DREAM THEATER dan AVENGED SEVENFOLD juga secara tegas mengkritik moshing dalam interview yang dipublikasikannya dalam web mereka:

“Saya pikir audiens kami telah menjadi penonton sedikit lebih perhatian dan mengurangi mentalitas [mosh] seperti itu. Saya memahami anda ingin melepaskan energi … tapi begitu orang mulai melakukan itu selama “Through Her Eyes”, hal ini menjadi konyol …Jadi kali ini di sekitar kita dengan sadar mengarahkan diri ke panggung bahwa orang dapat duduk dan menikmati acara tersebut dan terasa nyaman tanpa harus khawatir tentang … kaki mereka jatuh di wajah atau ditendang oleh seorang yang sedang moshpit. Sehingga mungkin akan menghilangkan masalah itu juga.”

Seorang gadis cilik berusia 16 tahun, Jessica Michalik, asal Australia meninggal setelah terkena hantam ditengah-tengah kerumunan moshpit saat acara Big Day Out 2001, bersamaan dengan pernampilan band nu metal LIMP BIZKIT.

Mau berapa orang lagi yang harus mati karena kekerasan saat moshpit? Haruskah menunggu sahabat anda, saudara anda, adik atau kakak anda mati karena moshpit lebih dulu? Atau justru anda sendiri?*[]

Oleh: Aik (Agen KK di Surabaya)

2 comments

  1. ngeri euy..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*