Home / Artikel / Kenal Tokoh / Mengenang Kematian Jason Thirsk ‘PENNYWISE’
Jason Thirsk PENNYWISE (source: punkrock.ch)

Mengenang Kematian Jason Thirsk ‘PENNYWISE’

KONTERKULTUR–Seluruh skater mulai tahun 90-an hingga 2000-an akhir pasti kenal band skate punk PENNYWISE. Hampir seluruh event-event skateboard dan musik yang digelar di Amrik pernah mengundang band yang satu itu untuk manggung. Hampir seluruh penggemar juga mengetahui isu yang beredar tahun 96-an tentang nasib bassis mereka Jason Thirsk yang tewas karena bunuh diri. Namun bagaimana kronologis detailnya dari kejadian itu?

Jason Thirsk sudah menjadi pendiri PENNYWISE sejak pertama kali band ini dibentuk. Dia sempat bermain di band ini hingga 4 album pertama mereka, diantaranya Pennywise dan Unknown Road.

PENNYWISE sejak awal dikenal sebagai band skatepunk yang mempropagandakan gaya hidup positif dalam lirik-lirik lagu mereka. Namun ada hal yang tidak tidak terungkap ketika itu adalah ternyata Jason Thirsk masih dalam kondisi yang mati-matian menjauhkan diri dari alkohol.

Suatu ketika Jason tidak kuat menahan diri, akhirnya mulai mabok lagi. Sempat masuk dalam rehabilitasi beberapa kali, namun Jason tidak bisa mengendalikan ketergantungannya terhadap alkohol.

Pada tanggal 29 Juli 1996, saat Jason masih berusia 27 tahun, dia pamit jalan-jalan ke belakang rumahnya yang berada pinggir pantai Hermosa. Jason waktu itu mabuk berat, lalu mengambil pistolnya dan mulai menembak-nembakkan pistolnya itu. Beberapa tembakan mengarah kedepan rumahnya, dan sebuah peluru sempat mengenai kulkas didalam rumahnya. Setelah melakukan itu, Jason malah mengarahkan pistolnya ke arah dirinya sendiri. Ujung pistol itu ditempelkan dilehernya, lalu ditembakkan. Darah berhamburan dan Jason mati dalam kondisi yang mengenaskan.

jason thirsk pennywise

Pihak kepolisian memberikan kesimpulan bahwa kematian Jason murni karena bunuh diri. Namun personel PENNYWISE lainnya tidak setuju dengan kesimpulan itu, karena menurut mereka Jason saat itu hatinya sedang gembira. Sang gitaris, Fletcher mengatakan kalau baru aja dia tahu kalau Jason membawa bass-nya ke reparasi untuk diperbaiki dan sekalian jalan-jalan ke sungai bersama pacarnya.

Setelah kematian Jason Thirsk, kemudian PENNYWISE merekrut Bradbury sebagai bassist untuk album mereka yang berikutnya, Full Circle (1997). Untuk mengenang Jason, kawan-kawannya di PENNYWISE membuat sebuah tribute dengan merekam ulang lagu mereka di album pertama yang berjudul “Bro-Hym (tribute)”. Sejak itu mereka merasa kehilangan sahabat yang luar biasa, dan kontribusinya untuk band begitu besar. Namun semua itu sirna hanya karena akibat buruk dari alkohol.*[]

Oleh: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*