Home / News / Art News / Menyamakan Diri dengan Allah, Komik Ultraman Dilarang di Malaysia
Ultraman menyamakan diri dengan Allah didalam komiknya (businessinsider.my)

Menyamakan Diri dengan Allah, Komik Ultraman Dilarang di Malaysia

KONTERKULTUR–Baru-baru ini, Malaysia melarang masuknya komik super hero yang sangat populer di Jepang, Ultraman. Hal ini dilakukan oleh pemerintah karena dinilai mengganggu ketertiban umum dan sembarangan memakai istilah “Allah” didalam isi komik tersebut.

Komik “ Ultraman the Ultra Power” sudah dilarang terbit sejak beberapa bulan yang lalu, dan pemerintah akan menjatuhkan hukuman penjara selama 3 tahun bagi siapapun yang secara ilegal mengimpor atau memublikasikan komik tersebut, lansir oleh kantor berita Bernama.

Komik ini juga secara resmi masuk dalam daftar buku yang dilarang beredar oleh pemerintahan Malaysia. Para pejabat pemerintah Malaysia belum menjelaskan secara detail kenapa komik tersebut dilarang. Namun menurut laporan yang ada telah menyebutkan bahwa komik ini dilarang karena didalamnya mengibaratkan Ultraman sebagai Tuhan. Terlebih lagi istilah Tuhan yang digunakan didalam komik tersebut adalah “Allah” sebagaimana nama Tuhan dalam agama Islam.

Harian Star menjelaskan dalam komik tersebut ada kalimat yang mengatakan,”Ultraman terlihat dan dihormati sebagaimana Allah atau yang paling tua diantara pahlawan-pahlawan ultra lainnya.”

Kata Allah belakangan ini menjadi bahan perbincangan yang panas di Malaysia akibat dari pelarangan beredarnya Koran Katolik yang menggunakan nama “Allah” untuk menyebutkan istilah Tuhan.
Pemerintahan dan Organisasi Islam yang berwenang di Malaysia telah mengatakan bahwa kata itu adalah sangat eksklusif untuk umat Muslim di Malaysia.

Ultraman telah menjadi pembahasan terpanas di twitter sejak diterbitkannya larangan itu, tapi pemerintah Malaysia justru mendapatkan respon kecaman paling banyak akibat dari pelarangan tersebut.*[KK]

Rep: Aik

Red: Churnia Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.