Home / News / Sound News / Menyedihkan, System Of A Down Minta Dana Obama untuk Kampanye Peduli ‘Pembantaian Armenia’

Menyedihkan, System Of A Down Minta Dana Obama untuk Kampanye Peduli ‘Pembantaian Armenia’

KONTERKULTUR–Sangat disayangkan, System Of A Down yang selama ini dikenal politis dan kritis terhadap tirani ternyata lebih percaya dengan tuduhan Barat tentang terjadinya pembantaian etnis Armenia pada tahun 1915 lalu. Yang lebih menyedihkan, pada 2009 lalu band ini pernah membuat video pendek untuk memohon kepada Presiden Obama agar memberi mereka dana kampanye untuk mengenang ‘tragedi’ pembantaian Armenia.

Tahun depan, System Of A Down juga mengadakan tour khusus untuk mengenang sejarah pembantaian Armenia yang belum jelas buktinya itu. Tour itu akan diadakan di berbagai belahan dunia mulai bulan April 2015. Tepat 100 tahun tragedi itu belangsung, katanya.

Tuduhan pembantaian yang tidak berdasar itu dilakukan oleh negara-negara Barat kepada pemerintahan Islam Turki Usmani. Mereka menyebutnya ‘pemusnahan sistematik’ oleh Utsmaniyah terhadap penduduk minoritas Armenia di tanah air mereka di kawasan yang kini menjadi Republik Turki.

Menurut sumber yang tidak ‘kuat’, jumlah korban yang ‘katanya’ tewas akibat peristiwa ini diperkirakan antara 1 hingga 1,5 juta.

Hingga sekarang pemerintahan Turki tidak mengakui kejahatan tersebut karena jumlah korban yang jatuh tidak sebanyak yang dituduhkan, dan mereka mati karena perang saudara, bukan karena pembersihan etnis.

Sementara itu Uni Eropa sampai saat ini ‘memaksa’ Turki untuk mengakui pembantaian ini sebagai salah satu persyaratan bagi Turki untuk masuk ke Uni Eropa. Benar-benar persyaratan yang dipaksakan.*[KK]

Rep: Aik

Red: Abu Hafizh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.