Home / News / Sound News / Merek Baju Terkenal Ikutan Jual Tshirt Slayer dan Metallica?

Merek Baju Terkenal Ikutan Jual Tshirt Slayer dan Metallica?

KONTERKULTUR—Bagi para metalhead, merchandise grup band metal merupakan suatu hal yang wajib dimiliki. Selain sebagai media untuk mengekspresikan diri, pembelian merchandise grup band metal juga merupakan bentuk kontribusi nyata seorang metalhead terhadap komunitas metal.

Kononnya, sekarang penghasilan utama grup band metal sudah bukan dari penjualan CD Album maupun jadwal manggung dan touring. Bagi sebagian besar grup band metal, penghasilan utama band didapatkan dari penjualan merchandise orisinil mereka seperti kaos. Para metalhead membeli merchandise untuk memberi dukungan kepada grup band metal, dan sebagai timbal balik, grup band metal menciptakan lagu-lagu metal untuk dinikmati komunitas metal.

Namun apa jadinya jika industri pakaian mulai ikutan menjual kaos metal? Dilansir dari metalinjection.net (16/02), industri pakaian H&M telah merilis beberapa desain kaos baru dengan logo band metal berkaliber dunia, termasuk Metallica dan Slayer. Produsen kaos terkenal ini juga ikut merilis kaos dengan simbol-simbol metal umum.

Kaos-kaos tersebut diiklankan oleh industri asal Swedia tersebut dengan model yang terkesan gaul dengan gaya mirip personel boyband. Terlebih lagi kaos-kaos tersebut dibanderol dengan harga miring, yaitu semurah $18.00 (sekitar Rp. 200.000,-, tergolong murah kalau di eropa). Jauh lebih murah dari kaos metal yang pada umumnya dijual dengan harga $23.00 (sekitar Rp.250.000,-). Bahkan untuk kaos orisinil Slayer, harganya bisa mencapai $30.00 (sekitar Rp. 330.000,-). Maka jangan heran jika kemudian akan mulai banyak bermunculan anak-anak gaul yang berlagak sok metal karena metal mulai dipandang sebagai sesuatu yang mainstream.

Selama ini komunitas underground dikenal dengan wajahnya yang anti mainstream dan cenderung eksklusif. Namun sekarang band-band metal kakap atas justru berkompromi dengan para kapitalis industri pakaian sehingga metal semakin mainstream. Aneh bukan?*[KK]

Rep: Markonah

Red: Sindu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*