Home / News / Other News / Minuman Bersoda Tingkatkan Resiko Pikun Bagi Remaja

Minuman Bersoda Tingkatkan Resiko Pikun Bagi Remaja

KONTERKULTUR–Terlalu banyak minum minuman manis dan bersoda pada usia remaja dapat meningkatkan resiko berkurangnya kemampuan otak, salah satunya adalah pada proses mengingat. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah riset dari sekelompok peneliti universitas California Selatan beberapa waktu yang lalu.

Dengan menggunakan tikus percobaan yang berumur hampir dewasa (remaja), para peneliti menemukan bahwa pada saat tikus percobaan diberi level konsumsi gula yang tinggi (mirip dengan kandungan gula pada minuman bersoda), hal tersebut ternyata berdampak pada penurunan kemampuan otak dari tikus percobaan.

Seperti dilansir oleh newsweek.com (29/07/2014), Scott Kanoski yang merupakan ketua tim peneliti mengatakan “Kami melihat tanda-tanda peradangan pada hippocampus, yang merupakan salah satu bagian dari otak yang berperan dalam proses penyimpanan memori”. Penelitian yang mereka lakukan ini  hanya fokus pada konsumsi gula dalam minuman dan usia remaja karena pada saat fase inilah hippocampus di dalam otak masih bisa berkembang.

Temuan tersebut juga mengungkapkan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda dan banyak mengandung gula juga mengganggu kemampuan otak untuk berfungsi secara normal seperti halnya melakukan aktivitas mengingat informasi disekitar kita . Hal tersebut sangat mungkin terjadi terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan saat remaja atau  sebelum dewasa. Hasil penelitian final dari kasus minuman bersoda ini masih melalui tahap pengkajian ulang dan direncanakan akan terbit beberapa bulan mendatang.*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.