Home / News / Sound News / Noel Gallagher (Ex-OASIS) Paling Bawel Kalau Soal Rokok
Noel Gallagher (weheartit.com/PA Photo/Cathal McNaughton )

Noel Gallagher (Ex-OASIS) Paling Bawel Kalau Soal Rokok

“Apa-apaan sih Noel Gallagher? Nyebelin deh! Nggak ikut ngelahirin. Nggak ikut ngasih makan. Nggak ikut mbayarin sekolah. Tapi belagunya minta ampun. Emang lo siapa?”

MUNGKIN kalimat itu yang sedang berseliweran di hati Jack Wilshere. Pemain bola berbakat asli Inggris ini dikecam publik gara-gara komentar Noel Gallagher, frontman legenda Britpop, OASIS. Pasalnya, Noel, yang bukan sama sekali orang yang berhubungan dengan sepak bola (dia hanya seorang fans Manchester City) berani-beraninya mengomentari perilaku Jack seolah-olah Noel adalah Ibu kandung Jack yang menjewer anaknya lantaran senang bermain kotor-kotoran.

Lebih genting lagi karena Noel adalah pendukung Manchester City, klub pesaing Arsenal, tempat Jack meniti karier saat ini. Ini seperti sebuah tamparan yang keras. Sampai-sampai Arsene Wenger, sang pelatih Arsenal, “Ibu kandung” sebenarnya Jack Wilshere, langsung meminta maaf dan menyiapkan sebuah “sabetan sapu” untuk anaknya yang nakal ini. Ya, semua gara-gara Noel.

Awal kisah ini bermula dari beredarnya foto Jack Wilshere sedang asyik merokok bersama kawan-kawannya di sebuah kolam renang. Noel menganggap sikapnya ini tidak mencerminkan diri sebagai seorang atlet. Dia membandingkan Jack dengan legenda Inggris Paul Gascoine yang memang terkenal bandelnya minta ampun.

“Kamu pikir, menjadi pemain hebat seperti David Silva atau para pemain Barcelona itu mudah?” kata Noel saat wawancara dengan talkSPORT. “Mereka itu tidak pernah merokok! paham?” tambahnya dengan nada ketus.

Arsene Wenger di lain kesempatan memberikan penjelasan. “Saya tahu Jack masih muda. Dia sudah saya peringatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang mengganggu kesehatannya. Masa depan Jack masih panjang” ujarnya.

Sikap bawel Noel terhadap para perokok memang bukan kali ini saja. Wajar saja, Noel gayanya memang begitu. Ceplas-ceplos. Kalau dia tidak suka ya tidak suka. Termasuk dalam hal rokok ini.

Seperti dilansir nme.com, Noel pernah mendapati personel MUSE sedang merokok elektronik dalam sebuah pagelaran Brit Awards. Waktu itu dia sedang duduk bersama Damon Albarn (Blur) dalam sebuah acara peduli sosial terhadap anak-anak yang terjebak dalam kecamuk peperangan.

Segera saja Noel melabrak. “Anak-anak Brits sekarang cuma mikir karir. Mereka terperangkap bisnis musik. Harusnya mereka tetap menghormati acara ini. Kenapa yang lain makan tapi drummer MUSE malah asyik-asyikan merokok di ruangan ini? Sungguh anda tidak menghormati saya,” ujarnya bak seorang senior mengingatkan juniornya.

Pada bulan Maret 2015 lewat media The Irish Post Noel mendefinisikan sikap “keren” itu seperti apa:

“Cool is not standing in a corner with sunglasses smoking a cigarette, drinking champagne and quoting Jack Kerouac. Cool is not giving a fuck about what you say, what you wear, cool is not being cool,”

Artinya kira-kira begini:

“Keren itu bukan berdiri di pojokan pakai kacamata sambil ngerokok, mabok sampanye, dan mengutip Jack Keruoac (sastrawan terkenal). Keren itu bukan tentang apa yang kamu ucapkan atau kamu kenakan. Menjadi keren itu, caranya, dengan tidak berusaha menjadi keren,” ungkapnya. Waw! Love this!

Padahal secara pribadi, Noel mengakui kalau dia sendiri masih merokok. Namun di lain kesempatan, Noel juga mengungkapkan kalau dia sedang berusaha meninggalkannya. “Saya telah mencoba berbagai zat-zat adiktif. Dari heroin sampai ganja. Cuma rokok saja yang saya belum bisa melawan,”.

Sepertinya Noel sedang menjalankan terminologi “fastabiqul Khoirot” (berlomba-lomba dalam kebaikan). Atau dia sedang menjalankan kalimat “watawa saubil haq watawa saubil sobr” (saling mengingatkan dalam kebenaran dan saling mengingatkan dalam kesabaran). Keren nggak tuh?! Salut deh buat Noel. Meskipun ngerokoknya masih lanjut, kita doain cepat berhenti. Hehe.

Seakan tidak mau kalah, saudaranya, Si Liam Gallagher dikabarkan sedang terapi untuk terbebas dari kecanduan nikotin. “Saya sudah merokok dari remaja, rasanya sulit untuk dilepaskan. Tapi saya bertekad untuk bebas dari nikotin,”.

Liam mengungkapkan kalau dia telah mencoba banyak hal. “Tiap pagi saya lari pagi lalu lanjut fitnes. Itu rutin lho! Saya berusaha untuk berhenti merokok dan mencoba hidup sehat” ungkapnya dalam wawancara dengan media terkenal Inggris, The Sun.

Selain itu, bagi Liam, rokok bisa mengganggu performanya saat tampil di panggung. Saat ini Liam adalah vokalis band baru bentukannya sendiri, Beady Eye. “Saya mau tampil oke saat launching perdana band kami ini,” tutupnya.

Semoga mereka terus menebarkan pesan positif di dunia musik ini. Keep healthy guys!*[KK]

Rep: Markonah

Red: Bokir

One comment

  1. pengen segera nikah

    So I’ll start the revolution from my bed..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.