Home / News / Sound News / Obama: “Finlandia negara yang budaya Heavy Metal-nya Tinggi”

Obama: “Finlandia negara yang budaya Heavy Metal-nya Tinggi”

KONTERKULTUR–Presiden Obama menyambut perwakilan presiden Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia, dan Swedia di Gedung Putih pada Jumat lalu (13/05/2016). Uniknya dalam pidato sambutannya, Obama menyinggung masalah yang terkait dengan scene metal di beberapa negara tersebut.

Kepada Presiden Finlandia, Obama mengatakan bahwa negara tersebut punya budaya heavy metal yang tinggi, ditandai dengan banyaknya band heavy metal dinegara tersebut.

“Saya ingin menggarisbawahi bahwa Finlandia memiliki kemungkinan sebagai negara yang punya band heavy metal terbanyak didunia dan juga sekaligus memiliki kinerja pemerintahan yang baik. Saya tidak tahu apakah keduanya punya keterkaitan.

Heavy metal dan hard rock memang sangat berkembang di Finlandia.

Dilansir dari Slate, Finlandia punya band heavy metal terbanyak (perkapita) didunia. Sedangkan Swedia dan Norwegia hanya punya 27 band heavy metal per-100.000 penduduk. Finlandia jumlahnya 2x lebih banyak dari itu yaitu sekitar 54 bands per-100.000 jumlah penduduk.

Sebagian orang mengatakan Finlandia adalah satu-satunya negara yang musik metal dianggap mainstream.

Meskipun demikian, angka bunuh diri di Finlandia paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara nordik lainnya. Entah apakah itu juga terkait dengan tingginya budaya heavy metal dinegara itu atau tidak. Jumlah laki-laki di Finlandia berkurang sebanyak 48% sejak tahun 90an, sebagaimana yang diberitakan Helsinki Times tahun 2014.*[Kk]

Rep: markonah

Red: jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.