Home / Artikel / Celoteh Agen KK / Pak Kamsud & Remaja Bertato Kodok

Pak Kamsud & Remaja Bertato Kodok

KONTERKULTUR–Pak Kamsud (bukan tukang sate) didatangi oleh seorang pemuda yang hendak melamar putrinya, lalu Pak Kamsud pun bertanya kepada pemuda itu;

“Usia anda berapa, dik?”
“30 pak”
“Pendidikan terakhir?”
“SMA pak”
“Trus gak lanjut kuliah?”
“Setelah itu saya belajar sendiri pak, otodidak, ijazah itu tak penting”
“Ooh, bagus itu”
“Oiya, dalam Al-Qur’an itu terdapat berapa surat ya?”
“Mmm.. Aduh, berapa ya, lupa saya pak” (sambil garuk-garuk kepala)
“Kalo adzan subuh hari ini jam berapa ingat gak?”
“Eeee… Aduuh, saya tadi langsung shalat saja pak, gak sempat lihat jam” (garuk-garuknya tambah kenceng)

“Ya udah, minum aja kopinya dulu, nanti keburu dingin”
“Terimakasih pak”
“Ngopi itu kurang afdhol kalo gak sambil ngerokok, nih rokoknya” (sambil ngeluarin sam soe dari kantong baju)

“Waah, terimakasih. Bapak rokoknya samsoe juga ya, koq selera kita sama?” (sok dekat plus cari muka)
“Kalo bapak sih gak ngerokok, ini cuman buat pengen tahu aja, kamu perokok apa bukan”
“(Glek. Keselek kopi)”

“Eh, ngomong-ngomong itu ada hitam-hitam di leher kamu apa? Tahi lalat? Koq gede banget”
“Mmm.. Ini anu pak, ini namanya, mmm…tato pak”
“Oooh.. Gambar apa?
“Gambar kodok bawa payung pak, osella” (hitters 80-90 pasti kebayang)
“Ooh, bagus itu, bapak juga suka kodok”
“Wah, beneran pak?” (sambil kegirangan)
“Iya, suka nimpukin kodok pake bata”
“(Glek. Keselek lagi)”

“Ya udah gini aja dik, biar gak panjang lebar, langsung ke poin aja. Intinya, lamaran adik bapak tolak!”
“Lho pak, kenapa? Bapak jangan menilai saya dari penampilan luar dong, meskipun begini, saya sudah mandiri, punya rumah, punya kendaraan, punya karyawan, punya kerjaan, dan bisa membahagiakan anak bapak. Yang penting kerjanya pak, bukan casingnya” (hampir putus asa)

“Dik, ingat-ingat pesan Buya Hamka; ‘Kalau hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalau kerja sekedar kerja, kera di hutan juga kerja.’ Bapak ini ingin menantu bapak kelak adalah lelaki yg dapat menyelamatkan keluarganya dari siksa akhirat, adapun masalah pekerjaan, kesejahteraan, kekayaan, Maka Allah Yang Maha Kaya akan mencukupi setiap hamba-Nya”

Setelah benar-benar patah arang, pemuda itu pun pamit dari rumah Pak Kamsud dengan status misi lamaran “Totally Rejected”. Adapun pak Kamsud, ia lalu menghampiri putri semata wayangnya bernama Mighrofah yang sedang menunggu di kamar. Melihat bapaknya datang ia pun bergegas bertanya;

“Gimana pak, lamarannya diterima?”
“Tidak!”
“Lho, kenapa pak?”
“Bapak gak mau punya menantu yang tatoan, rokokan, banyak gaya, merasa hebat dengan kerjanya, prestasinya, giliran baru ditanya jumlah Surat Qur’an aja gak bisa!”

“Tapi bapak kan sering bilang kalau jangan menilai seseorang dari penampilannya saja, don’t judge the book from its cover…

“Betul, tapi itu berlaku dalam interaksi kita sehari-hari terhadap semua orang, supaya kita jangan mudah suudzon. Adapun dalam urusan mencari jodoh itu beda lagi, sebab dia kelak akan menjadi suamimu, teladanmu, imammu, pemimpinmu. Kalo pemimpinmu aja sudah ora nggenah kaya gitu, anak-anakmu nanti gimana bentuknya? Memangnya cowok di Indonesia ini cuman dia saja? Mengapa ndak nyari sekalian aja yang kaya tapi juga soleh, suka kerja dan gak rokokan?

“Tapi pak, dia itu orangnya baik koq, lagian siapa tahu nanti dia bisa berubah”
“Terus siapa yang tahu? Kamu gak tahu, bapak juga gak tahu, ini namanya taruhan nyawa! Mighrofah, bapak ini sudah banyak makan garam, bapak banyak melihat orang yang dulunya miskin tapi setelah nikah jadi kecukupan dan bahkan kaya raya. Tapi kalo urusan moral dan karakter, itu sifatnya bawaan dan didikan sejak kecil, memang bisa berubah tapi gak secepat yg kita bayangkan. Bapak gak mau ambil resiko spekulatif, gak ada itu Revolusi Mental. Nggedebus thok!”

“Ya sudah pak, kalau itu memang hasil istikhoroh dari bapak, Mighrofah manut saja, karena bagaimana pun juga Ridha Gusti Allah terletak pada ridha bapak dan ibu”*[]

Oleh: Entah Siapa

3 comments

  1. Kocak Plus Mendidik Haaha :v

  2. mighrofah artinya apa mase ?? hahahahaha 😀

  3. Kocak abiiss asli!..& mnjawab smua pertanyaan ttg “smua manusia bisa brubah”tp bnr,tdk scepat tukang pos mngirim surat!..heeee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.