Home / News / Sound News / Para Rapper Kulit Hitam Bersatu Memboikot Merek Gucci dan Prada
T.I., Soulja Boy & Spike Lee mengajak untuk memboikot Gucci dan Prada (sumber: iHeartRadio)

Para Rapper Kulit Hitam Bersatu Memboikot Merek Gucci dan Prada

KONTERKULTUR–Desainer merek pakaian Gucci telah lama menjadi bahan pokok dalam dunia hip-hop selama beberapa dekade ini. Tetapi baru-baru ini, ada beberapa rapper termasuk T.I, Soulja Boy dan lainnya, telah dibuat marah oleh pihak perusahaan pakaian ini lantaran desain yang mereka buat telah mengandung unsur rasis terhadap kulit hitam.

Desain berbau rasis yang dimaksud tersebut adalah semacam sweater balaclava dari wol. Bentuk desainnya sangat mirip dengan bentuk seorang kulit hitam yang mulutnya memble (lihat gambar dibawah).

Akhirnya Gucci mendapat pukulan balik dari banyak orang, termasuk mereka yang berada di komunitas hip-hop yang telah mendukung merek tersebut selama bertahun-tahun.

Tidak lama kemudian merek tersebut mengeluarkan permintaan maaf yang diposting di twitternya, tapi tampaknya itu tidak cukup bisa diterima oleh banyak orang. Pada hari Jumat (8 Februari 2019), Tip memaki-maki merek di media sosial dalam keterangan yang panjang.

“@gucci Sebagai pelanggan & pendukung lama merekmu selama bertahun-tahun, harus kukatakan … Kalian BIKIN GARA-GARA DENGAN KAMI!!” dia menatap. “Permintaan Maaf kalian TIDAK AKAN KAMI TERIMA !!!!”

“Kita SEMUA AKAN BERHENTI membeli, mengenakan, dan mendukung perusahaan t*i ini, DAN SEMUA PRODUK DARI PERUSAHAAN INI SAMPAI MEREKA BELAJAR CARA MENGHORMATI UANG KAMI & NILAI BISNIS KAMI !!!! Budaya kita MENJALANKAN T*I INI !!! Kami (Orang kulit hitam) menghabiskan $ 1,25 TRILIUN / tahun (tetapi kami tidak dihormati, atau paling sedikit dipertimbangkan) dan jika kami berhenti membeli APA SAJA, mereka HARUS memperbaiki segalanya dan menyelesaikan semua masalahnya dengan kita. JIKA TIDAK, MAKA SAYA TIDAK BAKAL PAKAI MEREK SIALAN INI LAGI! …. #FuckGucci. ”

Selain itu, Tip juga berencana untuk memboikot merek lain yang sama-sama melakukan rasisme dalam produk-produknya. Merek lain itu adalah Prada.

Big Drako juga ikut serta dalam boikot Gucci. Dia memposting video di Instagram yang mengecam kalimat itu. “Sampai pemberitahuan lebih lanjut, Gucci nggak jadi dipakai,” katanya sambil mengayunkan ansambel. “Aku terkejut dan aku merasa tidak dihargai,” tambahnya.

Yang lain telah bergabung dengan gerakan ini termasuk Russel Simmons, Waka Flocka Flame, Jean Grae dan banyak lagi. Artis-artis hip-hop tersebut berbondong-bondong memposting ajakan di instagram dan twitternya untuk memboikot Gucci dan Prada.*[]

Produk sweater merek Gucci yang bermuatan rasis terhadap kulit hitam

 

Produk tas wanita milik Prada yang juga bermuatan rasis terhadap kulit hitam

Rep: Markonah

Red:Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.