Home / News / Sound News / Paul Stanley ‘KISS’: Download Musik Ilegal adalah Perbuatan Tidak Etis dan Tak Bermoral!

Paul Stanley ‘KISS’: Download Musik Ilegal adalah Perbuatan Tidak Etis dan Tak Bermoral!

KONTERKULTUR–Pentolan grup band KISS, Paul Stanley menyebut kegiatan download musik secara ilegal di internet adalah perbuatan yang secara moral dan etis tidak bisa dibenarkan. Baginya, hal tersebut sama saja dengan membuat seorang artis/musisi terluka dan tidak memberinya kesempatan untuk diapresiasi, sesuatu yang Stanley sebut sebagai “getting that pot of gold” (bayaran yang sepadan-red).

Dalam penampilannya di “The Joe Rogan Experience”, saat ditanya mungkinkah band nya akan sukses jika memulai debut pada masa sekarang, Stanley menjawab bahwa di industri musik saat ini sangatlah tidak ideal. Menurut Stanley, posisi artis/musisi saat ini lebih banyak didikte oleh publik. Istilah “file sharing” di internet bagi Stanley tak ubahnya seperti upaya pelegalan pencurian hasil karya para musisi.

“Saat seorang artis membuat karya seni atau lagu, mereka tidak hanya ingin mendapat apresiasi bahwa musik mereka bagus saja, melainkan mereka juga menginginkan jerih payah mereka dibayar dengan harga yang sepadan”, ungkapnya dikutip dari blabbermouth.net (20/10/2014). Mendownload lagu secara illegal di internet diibaratkan Stanley sebagai upaya membeli sesuatu dengan tanpa dibayar.

Stanley juga menceritakan pengalaman rekan musisinya seperti band Metallica yang berupaya mengajukan tuntutan hukum melawan para Napster (jasa sharing file gratis) yang diikuti upaya drummer Lars Ulrich pada perusahaan tersebut. Hasil dari tuntutan tersebut adalah Napster tak lagi eksis di dunia bisnis. Di akhir wawancara Stanley berharap semua pihak agar lebih peduli dan memenuhi hak para musisi. Publik tidak bisa men-judge seorang musisi sudah cukup kaya meski lagu mereka “dicuri”, setiap musisi layak mendapat award secara finansial terhadap karyanya.*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny Adiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.