Home / News / Other News / Paus Fransiskus: “Pernikahan Sesama Jenis Merusak Tatanan Keluarga”
(foto: WALLY SANTANA/AP)

Paus Fransiskus: “Pernikahan Sesama Jenis Merusak Tatanan Keluarga”

KONTERKULTUR–Pasca dilegalkannya pernikahan sesama jenis di hampir 50 negara bagian Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu, para pegiat LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) kini seolah mendapat “tempat” yang lebih luas di tengah masyarakat dunia. Jika sebelumnya dianggap sebagai penyimpangan moral dan sosial, pernikahan sejenis sudah bukan hal yang tabu untuk dibicarakan bahkan dipraktekkan di beberapa negara yang menganggap bahwa LGBT merupakan salah satu hak manusia yang harus diperjuangkan.

Meski demikian, di tengah kebingungan masyarakat mengenai konsep kebebasan, penolakan berbagai elemen masyarakat mengenai pelegalan pernikahan sesama jenis . Penolakan tersebut antara lain datang dari Paus Fransiskus yang disampaikan saat kunjungan beliau ke Filipina awal tahun 2015 lalu.

“Perlu anda tahu, kenyataan ini (pernikahan sesama jenis) sama halnya dengan upaya melawan kehendak Tuhan dalam kuasanya pada proses penciptaan manusia”, ucap Paus Fransiskus dalam pertemuan di salah satu katedral kota Manila. Ungkapan ini juga ditegaskan oleh juru bicara Vatikan, Federico Lombardi, yang menjelaskan pada publik bahwa yang dimaksud oleh Paus dengan penyimpangan adalah fenomena pernikahan sesama jenis. Tak hanya saat kunjungan di Filipina saja, di bulan November tahun 2014, sang Paus juga mengatakan hal serupa pada momen konferensi antar agama dengan bahasan utama pentingnya peran keluarga dan hak seorang anak untuk mendapatkan pendidikan dibawah asuhan ayah dan ibu yang normal sampai mereka dewasa. Dalam ulasan catholicnews.com (16/01/2015) selain Paus Fransiskus, ungkapan serupa juga disampaikan oleh kardinal Jose Maria Bergoglio dari Argentina yang mengatakan bahwa pernikahan sejens sebagai perilaku setan dan upaya merusak tatanan Tuhan. Begitu katanya.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Innah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.