Home / News / Sound News / Peduli Lingkungan Hidup, Thom Yorke Manggung Ditengah Demonstrasi GREENPEACE
Thom Yorke (foto: JENN FIVE/NME)

Peduli Lingkungan Hidup, Thom Yorke Manggung Ditengah Demonstrasi GREENPEACE

KONTERKULTUR–Hari ini, 30 September 2015, para pemimpin dunia akan bertemu dalam rangka Konferensi PBB yang membahas tentang Perubahan Iklim.

Menanggapi event ini, organisasi lingkungan hidup GREENPEACE Inggris mengorganisir aksi turun ke jalan di London dengan tujuan menunjukkan kepada Perdana Menteri David Cameron bahwa Greenpeace menginginkan tindakan yang tegas kepada isu-isu perubahan iklim.

Nah, yang menarik dalam event Greenpeace ini adalah kehadiran pentolan RADIOHEAD, Thom Yorke, yang melakukan perform khusus secara solo.

Thom Yorke kali ini menujukkan kepiawaiannya menjadi DJ. Dia memainkan musik digital dengan berbagai eksperimen bunyi saat demonstrasi sedang berlangsung.

Yorke baru-baru ini sempat membahas tentang perubahan iklim dalam sebuah wawancara dengan penulis dan aktivis George Monbiot. Diterbitkan oleh sebuah majalah yang berbasis di Paris Télérama, Yorke menjelaskan bagaimana ia telah menanggapi perubahan iklim sebagai musisi, termasuk memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian dan membentuk inisiatif tur yang netral karbon bersama RADIOHEAD.

Yorke menceritakan menyadari perubahan iklim di tahun 90-an. Dia telah bekerja dengan Greenpeace, Friends of The Earth dan art.350.org. Ditanya apakah ia akan mempertimbangkan menulis lagu yang berbau protes, Yorke menjawab,

“Jika saya akan menulis sebuah lagu protes tentang perubahan iklim pada tahun 2015, itu akan menjadi omong kosong. Kalau ditahun 60-an, mungkin kamu bisa menulis lagu semacam itu, dan itu akan berhasil. Tapi kalau saat ini, itu akan jauh lebih sulit. Ini tidak seperti salah satu lagu atau satu bagian dari seni atau satu buku yang akan mengubah pikiran seseorang. Namun, sesuatu terjadi secara bertahap dan akusatif, dan itu baru terasa ketika bisu ini semakin membesar seperti efek bola salju.”

Thom Yorke memang kini dikenal dengan militansinya dalam menjaga lingkungan hidup. Menjadi ‘straight edge’ meskipun nggak pernah menyatakan diri sebagai straight edge. Sangat punk, meskipun bukan punk.*[KK]

 

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.