Home / News / Other News / Pemerintah Korea Utara Melarang Keras Penduduknya Mendengarkan Musik dari Luar Negeri
Kim Jong-un (Getty Image)

Pemerintah Korea Utara Melarang Keras Penduduknya Mendengarkan Musik dari Luar Negeri

KONTERKULTUR–Perdana menteri Korea Utara nekat melakukan razia dari rumah ke rumah untuk menangkap siapa saja yang mendengarkan musik.

Sebagaimana yang diberitakan oleh Daily NK, pimpinan Korea Utara Kim Jong-un memerintahkan unit pasukannya untuk merazia rumah-rumah penduduk setempat.

Sebuah sumber yang berasal dari publikasi Korea Utara mengatakan: “Departemen Propaganda Lokal telah melakukan razia untuk mengambili kaset-kaset dan CD-CD dari rumah penduduk. Meski hanya satu lagu yang masuk dalam daftar lagu terlarang ternyata ditemukan, mereka berhak membakar seluruhnya.”

Alasan dari Pemerintahan Republik Demokratik Rakyat Korea melakukan razia ini adalah untuk menutup seluruh pengaruh dari luar negeri yang masuk melalui lagu dan musik. Hal ini hanya akan berhasil dengan cara melarang rakyatnya memiliki rekaman maupun mendengarkan musik dari luar negeri.

Musik memang sering menjadi medium yang ‘efektif’ bagi budaya asing yang negatif untuk masuk dan mempengaruhi pemikiran dan perilaku masyarakat pribumi secara halus serta tak disadari. Mungkin ini yang ditakutkan oleh pemerintah Korea Utara.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Che Guemarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.