Home / News / Sound News / Penelitian: Benarkah Musik Heavy Metal Bisa Meredam Marah?
suasana seperti inikah yang dimaksud dengan ketenangan?

Penelitian: Benarkah Musik Heavy Metal Bisa Meredam Marah?

KONTERKULTUR–Musik ekstrim – semisal heavy metal – ternyata bisa secara positif mempengaruhi turunnya tingkat kemarahan. Hal ini merupakan hasil penelitian di The University Of Queensland, dimana seorang asli Australia mengadakan riset yang khusus di daerah Brisbane. Benarkah itu?

Riset terbaru yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan psikologi di universitas itu, Leah Sharman dan Dr. Genevieve Dingle dikabarkan menunjukkan hasil bahwa pendengar musik ekstrim justru bisa mendapatkan banyak ketenangan, dilansir Blabbermouth.net (20/06/2015).

“Kami menemukan bahwa musik tersebut bisa mengatur rasa sedih dan mendorong emosi yang positif,” kata Sharman.

“Saat merasa ingin marah, penggemar musik ekstrim suka mendengar musik yang bisa sesuai dengan kondisi kemarahannya. Musik ekstrim itu telah membantunya mengeksplor perasaan yang penuh emosi yang mereka alami, namun juga meninggalkan perasaan emosi itu untuk menjadikan suasana hati lebih aktif dan terinspirasi,” tambahnya.

Penelitian ini telah dipublikasikan di Frontier In Human Neuroscience dan melibatkan 39 pendengar musik ekstrim yang berusia 18-34 tahun.

Sebenarnya riset ini bertolak belakang dengan riset sebelumnya bahwa tingkat kerasnya musik dan brutalnya musik bisa mempengaruhi tingkat kegalauan seseorang. Dalam penelitian lain sebelumnya, disebutkan kesimpulan bahwa penggemar musik hardcore mendapatkan posisi tertinggi yang suka marah-marah, cemas dan depresi, sedangkan penggemar musik emo lebih tinggi tingkat depresinya dibandingkan penggemar musik jenis lainnya. Yah, beginilah kalau ilmu pengetahuan tanpa agama, setiap teori yang muncul selalu akan dibantah oleh teori lain yang lebih baru. Lalu mana yang lebih benar?*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.