Home / News / Sound News / Penelitian: Fans Musik Metal Ternyata Paling Loyal Kepada Band Favoritnya, Tapi Paling Rendah Religiusitasnya

Penelitian: Fans Musik Metal Ternyata Paling Loyal Kepada Band Favoritnya, Tapi Paling Rendah Religiusitasnya

KONTERKULTUR–Beberapa bulan lalu, sebuah penelitian tentang metal dari situs Spotify atau Echo Nest memberikan hasil berupa data survey yang menyimpulkan ternyata penggemar musik metal menduduki peringkat paling tinggi dalam loyalitas kepada genrenya.

Dalam sebuah e-mail kepada Mashable, Bob Lugowe, seorang direktur promosi dan new media RELAPSE RECORDS, dia menyatakan bahwa metalhead mendedikasikan banyak hal kepada genre yang disukainya.

“Tidak hanya sekedar memakai jaket khas-nya yang penuh dengan emblem band favorit mereka, memberli vinyl dari album favoritnya, mentato logo band favoritnya di tangannya, dan rela pergi jauh-jauh untuk menonton konser dan festival, para metalhead juga sangat ekstrim mati-matian dan mendedikasikan dirinya untuk band favoritnya dan genre yang mereka sukai secara menyeluruh,” jelasnya.

Meskipun  fans musik heavy metal dikenal sangat stereotipikal suka marah, teralienasi, dan memberontak, pada 2013 pernah ada penelitian bahwa mereka sangat terbuka dengan pengalaman baru, lebih menunjukkan respon negatif terhadap kekuasaan, memiliki harga diri yang lebih rendah dan memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap keunikan, sebagaimana dilansir Blabbermouth.net.

Yang terakhir, dalam penelitian itu, juga ditemukan satu fakta bahwa penggemar metal ternyata memiliki tingkat religiusitas yang lebih rendah dibandingkan dengan penggemar musik lainnya.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

2 comments

  1. wahhhh…masa sih??..dimana itu sample penelitiannya di ambil?…di indo bukan?…,sempet ada jargon di kalangan anak metal hitam tapi bukan berarti sesat,daripada putih kaya lia eden tapi sesat…,jawab dond markonah!..

  2. Setuju, gimana lg itu berkat pendahulunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.