Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Penelitian: Kepekaaan orang terhadap musik mencapai puncaknya di usia 33 tahun
(Sumber gambar: http://shawnkenneth.blogspot.com)

Penelitian: Kepekaaan orang terhadap musik mencapai puncaknya di usia 33 tahun

KONTERKULTUR–Anak muda suka berpikir bahwa selera musik mereka akan selalu terdepan terhadap hal-hal yang berbau keren dan populer. Tapi kenyataannya, sebuah riset yang dilakukan oleh seorang mahasiswa program Doktor, David Greenberg, dari Cambridge University, mengatakan tidak demikian.

Musik yang disebarkan secara online mengakibatkan fakta yang aneh, yaitu selera musik anak muda kini justru semakin ketinggalan jaman sebagaimana selera musik orang tua mereka.

Dalam penelitian itu, di usia muda sebagian besar orang memiliki kebiasaan mendengarkan musik dengan lebih sungguh-sungguh di sekitaran umur 33 tahun. Di usia itulah kepekaan orang terhadap musik mencapai puncaknya. Setelah usia itu, sebagian orang mendengarkan musik mainstream yang baru, dari artis ataupun band, secara reguler.

Riset yang dilakukan oleh para analis di Spotify dan Echo Nest, juga menunjukkan bahwa pendengar musik dari kalangan muda usia 13 sampai 14 tahun hampir secara eksklusif menyetel lagu-lagu dari penyanyi-penyanyi papan atas.

Dari sekitar usia 15-an, selera musik mulai matang dan berpindah sebagai pendengar yang semakin beragam selera.

Selera musik datang bisa merubah secara cepat terhadap para pemuda sampai usia 25 tahunan dimana di usia ini kepekaan terhadap pencarian musik semakin lambat dan mereka lebih suka mencari artis-artis mainstream.

Riset itu juga menunjukkan data bahwa laki-laki lebih cepat meninggalkan musik-musik mainstream dibandingkan dengan wanita, dan itulah mengapa laki-laki lebih sering merasa bahwa selera musik orangtuanya sering memalukan.

Seluruh data-data riset diatas hanyalah penelitian yang memungkinkan memiliki kelemahan. Kita boleh sependapat atau tidak sependapat.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Che Guemarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.