Home / Bedah Karya / Bedah Video Klip / Perlawanan Hewan Dalam Video Klip Streetlight Manifesto “Would You Be Impressed”

Perlawanan Hewan Dalam Video Klip Streetlight Manifesto “Would You Be Impressed”

KONTERKULTUR--Video klip band ska punk asal New Jersey, Streetlight Manifesto  berjudul“Would You Be Impressed” ini memang menarik untuk dibahas. Selain karena penggarapannya yang unik menggunakan teknik animasi 2 dimensi ala Flash, tapi juga cerita yang ditawarkan dalam video klip juga sarat dengan hikmah. Dalam video klip ini, digambarkan bagaimana dunia ini rusak karena perbuatan manusia yang tidak ramah terhadap lingkungan dan tidak ramah terhadap binatang. Hawa nafsu manusia yang didominasi oleh keserakahan bisa membuat mereka hanya  memikirkan diri mereka sendiri tanpa mempedulikan kerusakan yang mereka hasilkan. Dalam video klip berdurasi tidak lebih dari 3 menit 30 detik ini, awalnya digambarkan…

Review Overview

Technical - 8.8
Message - 9.4
Story line - 7.5

8.6

Awesome!

Summary : Ini adalah video klip band ska paling kreatif dan memiliki pesan moral yang mendalam versi KK. Ide cerita dan teknik penggarapannya sangat brillian!

User Rating: 4.65 ( 1 votes)
9

KONTERKULTUR–Video klip band ska punk asal New Jersey, Streetlight Manifesto  berjudul“Would You Be Impressed” ini memang menarik untuk dibahas. Selain karena penggarapannya yang unik menggunakan teknik animasi 2 dimensi ala Flash, tapi juga cerita yang ditawarkan dalam video klip juga sarat dengan hikmah.

Dalam video klip ini, digambarkan bagaimana dunia ini rusak karena perbuatan manusia yang tidak ramah terhadap lingkungan dan tidak ramah terhadap binatang. Hawa nafsu manusia yang didominasi oleh keserakahan bisa membuat mereka hanya  memikirkan diri mereka sendiri tanpa mempedulikan kerusakan yang mereka hasilkan.

Dalam video klip berdurasi tidak lebih dari 3 menit 30 detik ini, awalnya digambarkan ulah manusia yang  sadis terhadap alam dan hewan. Menyiksa, membunuh, memburu, memenjarakan hewan seenak mereka sendiri. Hingga akhirnya hewan-hewan tersebut membalas perbuatan jahat menusia itu dengan melakukan cara yang sama. Mereka marah karena menganggap manusia adalah penyebab kehancuran dimuka bumi ini.

Meskipun penyampaian dalam klip ini cenderung hiperbola, dimana hewan-hewan kemudian mampu memiliki akal dan melakukan balas dendam, namun cara penyampaian seperti ini justru menarik dan kreatif! Terkadang memang cara-cara to the point seperti ini lebih mengena daripada mengajak dengan cara-cara halus yang justru lebih banyak diabaikan.

Terlepas dari kajian tentang isi lirik dalam lagu ini, video ini menarik dan sarat hikmah. Sedangkan lirik lagunya, mungkin akan dibahas dilain kesempatan. Selamat menikmati tontonan ini!*[Underground Tauhid/KonterKultur]

Oleh: Aik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.