Home / COUNTER BANDS / Band Bule / PROJECT-X, Band Straight Edge Militan yang Berumur Pendek
Project X (http://sophiesfloorboard.blogspot.com/)

PROJECT-X, Band Straight Edge Militan yang Berumur Pendek

PROJECT-X adalah band hardcore punk/youth crew dari New York yang umurnya tidak panjang. Lahir pada tahun 80-an, merilis EP berisi 5 lagu, dan hanya sempat manggun beberapa kali saja lalu bubar.

Band ini dibentuk oleh personel-personel band NYC Hardcore tersohor seperti GORILLA BISCUITS, YOUTH OF TODAY, SIDE BY SIDE dan JUDGE. Awalnya, John Porcelly sang cokalis dan Alex Brown sang gitaris berencana membuat kompilasi 7″ yang berisi lagu-lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya pada awal 80-an. Ini dimaksudkan untuk bonus bagi orang yang beli fanzine edisi ke-7 bikinan mereka yang diberi nama “SCHISM”. Dari situ mereka punya ide untuk membuat band proyek/session baru yang diberi nama PROJECT X.

Saat itu lagu “Straight Edge Revenge” yang ditulis Porcelly untuk YOUTH OF TODAY belum pernah direkam sebelumnya dipakai untuk PROJECT X. Konon, lagu itu tidak dipakai oleh YOUTH OF TODAY gara-gara Ray Cappo, si vokalis YOT menganggap lirik lagunya terlalu militan.

Rekaman itu dirilis hanya sebanyak 500 copy saja, dan berdasarkan BRIDGE NINE RECORDS, mayoritas pembeli rekaman itu saat mereka nonton salah satu konser PROJECT X di Connecticut. Kini rekaman itu sudah puluhan tahun tidak dirilis ulang. Akhirnya pada tahun 2005 saja BRIDGE NINE RECORDS yang memutuskan untuk merilis ulang. Selain dari situ, rekaman PROJECT X hanya bisa didapat dari hasil bootleg alias bajakan.

Band straight edge militan ini hanya sempat manggung tidak lebih dari 5 kali saja seumur hidup. Sebagian konser mereka di Amerika, dan sebagianya saat mereka nunut tour YOUTH OF TODAY saat ke Eropa tahun 1989.*[KK]

project x EP

Download PROJECT-X “Straight Edge Revenge” EP 

Red: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.