Home / Artikel / Opini Hatkor! / Punk Goes Mainstream: Is It Already Dead?

Punk Goes Mainstream: Is It Already Dead?

KONTERKULTUR–Punk, lahir dari sebuah pemberontakan kelas pekerja yang menjadi korban penindasan kelas borjuis dan pemilik modal. Makna ini begitu melekat dan menyebabkan seorang punk yang benar-benar militan dengan filosofi ini menganggap diri mereka berseberangan dengan hal-hal yang bersifat mainstream, populer dan berbau kelas borjuis.

Namun kini, sudah barang biasa ketika kita melihat para selebritis kelas dunia memakai atribut-atribut punk. Padahal jelas mereka adalah kelas borjuis yang sama sekali tidak tahu bagaimana punk sebenarnya.

Akankah ini pertanda bahwa punk memang menjadi mainstream? apakah ini pertanda punk sudah tidak lagi berbau perlawanan? Apakah ini pertanda bahwa punk sudah bukan lagi ancaman bagi kapitalisme? Apakah ini pertanda bahwa punk sudah mati?

Audrina Patridge memakai tshirt The Exploited

 

Beyonce memakai kaos punk saat manggung dengan pertuliskan “punk ass motherfucker” dan “Never Mind The Bollocks”. Emang dia tahu maksudnya?

 

seorang model kelas atas, Georgia Frost, memakai tshirt Sex Pistols dipadukan dengan celana merek Prada. Benar-benar dua simbol yang saling berlawanan.

 

Kristen Steward memakai kaos Minor Threat saat menghadiri acara Comicon.

Kristen Steward memakai kaos Minor Threat saat menghadiri acara Comicon.

Justin dan Angelina Jolie menggunakan tshirt band paling radikal di Inggris, CRASS.

Justin dan Angelina Jolie menggunakan tshirt band paling radikal di Inggris, CRASS.

Tshirt Ramones dijual sangat mahal (20 pounsterling) dan dimodelkan oleh selebritis.

Tshirt Ramones dijual sangat mahal (20 pounsterling) dan dimodelkan oleh selebritis.

Chris Brown memakai jaket kulit lengkap dengan spike, dan bertuliskan band-band punk seperti DRI, COC, dan Suicidal Tendencies.

Chris Brown memakai jaket kulit lengkap dengan spike, dan bertuliskan band-band punk seperti DRI, COC, dan Suicidal Tendencies.

Kristen Steward memakai tshirt Black Flag. Keren sih, tapi..

Kristen Steward memakai tshirt Black Flag. Keren sih, tapi..

Mungkin diantara kita ada yang berkata, “emang artis gak bolek pakai tshirt band-band punk?”. Siapa bilang nggak boleh? Silakan aja. Tapi maksud dari tulisan ini adalah, bahwa fenomena ini jangan-jangan menjadi pertanda bahwa punk semakin menjadi budaya kelas atas dan menghilangkan semangat perlawanannya. Khawatirnya, punk makin lama makin dikenal hanya sebatas fashion yang berjalan di catwalk-catwalk saja. Lucu kan?*[]

Oleh: Markonah

6 comments

  1. anti tongsis narsis nusantara

    😀 punk tidak mati, karena mungkin saja punk itu sendiri tidak pernah benar benar ada dalam sudut pandang yang berbeda.. kill the fucking hc/punk trend! :v jajajajajajajajajaja

  2. entah apa yg bisa komenin .. tapi gw bilang yang nulis ini sotoy apa lupa realita dari sub kulture ini … ingat sex pistols itu adalah produk dari sex shop nya malcom dan vivian ,, ingat CBGB setelah booming 1977 .. semua menjadi mainstream , semua menjadi komoditi jual .. semua menjadi punk .. gw mau tanya dimana anti kapitalis nya bang macam the blondie , generation x dan sederetan yng sejenis , trus apa punk tu harus melek kaya steve ignoranc CRASS , Ian Mckey MINOR THEAT , atau wasted ala GG ALLIN , atau mulut sampah ala Fat Mike NOFX .. trus bagaimana soal band nya alice nutter ( yg sangat anarko ) Chumbawamba … banyak record indi yg telah menjadi besar dengan penjualan mercendis yg melimpah dan semua di copy paste atas nama lisensi dan orang bebas memilih dan membeli, gw inget pengalan lagu Get out my way nya Rancid ( asli nya sih lagu band ska berkeley The Uptones ) i sing what i sing i wear what i wear . get outta my way. trus apa hak kita melarang orang pake apa yg ingin mereka pake …. jgn mengkultuskan punk …………………..kita meliat apa yg sesuai ama yg kita inginkan aja dan pura pura lupa ama yg lain …. sesunguh nya ini adalah produk

  3. punk is going to be dead om, hahahaha

  4. adakah artikel tulisan atau apalah tanggapan dari pihak band band yang bersangkutan yang bajunya dipakai oleh mereka mereka itu? kalo ada bolehlah dishare disini..

  5. Hihihi…jadi ingat kata si om kemaren…
    PUNK itu ada dihati…Ideologinya udah ada sejak manusia diciptakan…Bebas / Merdeka
    Salahkan distro mainstream aja kali yah :V

  6. tapi udah berapa banyak band yg di untungkan dari era hedonisme ini, mungkin pergeseran makna anarkisme juga, walau yg makek Merchnya kagak tau maksutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.