Home / News / Sound News / R.E.M Marah, Lagu Mereka Dipakai Donald Trump untuk Kampanye
Stipe R.E.M (Foto: Getty/NME)

R.E.M Marah, Lagu Mereka Dipakai Donald Trump untuk Kampanye

KONTERKULTUR–R.E.M, Michael Stipe telah mengecam Donald Trump untuk menggunakan musik band-nya dalam kampanye Presiden-nya.

TV yang condong pada kandidat Partai Republican telah menggunakan lagu REM yang pernah hits pada tahun 1987 berjudul “It’s the End of the World as We Know It (And I Feel Fine)” di sebuah parade kampanye di Washington DC, Rabu (9/9/2015).

Stipe dan teman satu band-nya telah tersinggung terkait lagu mereka yang dimainkan untuk kampanye Trump ketika dia naik ke podium.

Bassist Mike Mills kemudian tweeting pernyataan atas nama Stipe yang menyuarakan kecamannya terhadap Trump.

“Go fuck yourself!, banyak dari kalian, kalian sedih, cari perhatian, haus kekuasaan,” kata Stipe.

“Jangan menggunakan musik kami atau suara saya untuk sandiwara tolol Anda saat kampanye”.

Mills menambahkan, “Secara pribadi, saya pikir Orange Clown (sebutan Donald Trump-ed) akan melakukan apa pun untuk perhatian. Aku benci memberikan lagu itu padanya.”

R.E.M kemudian mengeluarkan pernyataan kolektif di Facebook, yang berbunyi, “Meskipun kami tidak mengizinkan atau membenarkan penggunaan musik kami di acara politik ini, dan jangan meminta calon berhenti dan berhenti dari melakukannya, mari kita ingat bahwa ada hal lebih penting yang dipertaruhkan di sini. Media dan pemilih Amerika harus fokus pada gambaran yang lebih besar, dan tidak memungkinkan sok politisi untuk mengalihkan perhatian kita dari masalah mendesak saat ini dan kampanye Presiden saat ini. ”

Ini ternyata bukan pertama kalinya Donald Trump memakai lagu orang tanpa ijin sebagai alat kampanye. Pada bulan Juni 2015 lalu, musisi senior Neil Young juga marah-marah gara-gara lagunya berjudul “Rockin’ in The Free World” dipakai untuk peluncuran kampanye Trump. Neil Young mengatakan dengan keras menyikapi hal ini, “Saya bikin musik untuk orang-orang, bukan untuk kandidat (presiden)!”*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

One comment

  1. fight capitalism, fight racist and build socialism!
    worker of the world unite!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.