Home / News / Sound News / Radiohead Tolak Hadiri Rock and Roll Hall of Fame
Thom Yorke RADIOHEAD (Getty Image/NME)

Radiohead Tolak Hadiri Rock and Roll Hall of Fame

KONTERKULTUR–Grup Band asal Inggris, Radiohead telah mengkonfirmasi mereka tidak akan menghadiri acara penghargaan Rock And Roll Hall of Fame tahun depan meskipun apabila mereka mendapatkan penghargaan paling prestisius dalam dunia musik rock di Amerika Serikat.

Band yanv diprakarsai Thom Yorke ini dinominasikan untuk 2018 Rock And Roll Hall of Fame, bersama sejumlah nomimsi band papan atas lainnya yang akan diumumkan pada bulan Desember menjelang upacara pemberian penghargaan April mendatang. Radiohead masuk nominasi bersama dengan Kate Bush, Rage Against The Machine, Eurythmics, Nina Simone, Bon Jovi, Judas Priest dan Depeche Mode.

Sayangnya, band pelantun lagu ‘Creep’ ini baru saja mengumumkan tur Amerika Selatan untuk tahun depan. Salah satu pertunjukan di Buenos Aires Argentina berlangsung pada hari yang sama (14 April) dengan penghargaan Rock And Roll Hall Of Fame diadakan di Cleveland Amerika Serikat.

Di samping itu, perwakilan band ini, seperti dikutip Pitchfork telah mengonfirmasi bahwa Radiohead tidak akan menghadiri penghargaan tersebut. Radiohead justru menanggapi nominasi Rock And Roll Hall Of Fame mereka dengan mengatakan bahwa Dr Dre harusny dinominasikan daripada Radiohead.

“Sebagai band Inggris, ini adalah salah satu hal yang sangat indah untuk dinominasikan, tapi kami tidak memahaminya secara budaya. Ini adalah hal yang Amerika banget. Kami orang Inggris sangat buruk dalam merayakan diri kami sendiri,” kata gitaris Radiohead, Ed O’Brien seperti dikutip NME.com, Kamis (30/11).

Dia menambahkan, salah satu hal yang justru selalu ia sukai saat datang ke Amerika adalah band-band Amerika yang selalu menyambut baik mereka. Namun, untuk soal penghargaan, O’Brien menyatakan ketidaknyamanannya.

“Ada dalam DNA kita untuk menjadi sedikit ambivalen dengan upacara penghargaan. Kami belum memiliki pengalaman hebat. Saya tidak akan pernah mau tidak menghormati apapun karena jelas beberapa seniman menakjubkan telah dinominasikan. Tapi jika saya jujur saya tidak memahaminya,” kata dia.*(ROL/Arif Satrio Nugroho/ Red: Nidia Zuraya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*