Home / Artikel / Kenal Tokoh / Raymond Pettibon, Ilustrator Handal Dibalik Kover Album BLACK FLAG
Raymond Pettibon di Gallery David Zwirner di New York. (Andreas Laszlo Konrath/guardians)

Raymond Pettibon, Ilustrator Handal Dibalik Kover Album BLACK FLAG

KONTERKULTUR–Raymond Pettibon adalah seorang visual artis yang karya-karyanya pernah menghiasi sampul depan maupun logo dari band-band punk legendaris. Sebut saja BLACK FLAG dan SONIC YOUTH.

Dia dilahirkan dengan nama asli Raymond Ginn pada 16 Juni 1957. Kini dia dikenal sebagai seorang visual artis dari Amerika, khususnya kota New York.

Dia mulai membaur dengan scene punk rock di California pada tahun 1980-an. Saat itu dia membuatkan poster dan kover album dari band yang ada di SST Records yang dipunyai oleh kakaknya, Greg Ginn. Disaat yang sama Greg Ginn adalah gitaris dari band hardcore punk BLACK FLAG.

Konon, Pettibon lah yang menganjurkan logo BLACK FLAG dengan menggunakan gambar empat batang bidang berwarna hitam. Sejak itu Pettibon menjadi terkenal di scene punk New York dan mulai suka berkontribusi dalam pembuatan flyer, kover album maupun merchandise dari BLAKC FLAG.

Kini, Pettibon sudah berumur 57 tahun. Usia yang sudah bisa disebut manula. Tangan yang biasa digunakannya untuk menggambar sudah tidak lagi berfungsi dengan baik. Dia menderita penyakit tremor, alias gemetaran seperti parkinson. Tapi karyanya tersebar diseluruh dunia. Mulai kover album SONIC YOUTH Bahkan, logo BLACK FLAG yang dibuatnya itu mampu menjadi simbol yang paling banyak dipakai untuk tattoo oleh punk diseluruh dunia hingga saat ini.

Namun beda hal-nya dengan BLACK FLAG, pada 2013 lalu mereka merilis album LP yang pertama kalinya setelah vakum selama 28 tahun dengan kover yang sudah bukan bikinan Raymond. Hasilnya? Benar-benar kover album terburuk yang pernah dimiliki oleh band punk manapun didunia! Check sendiri album BLACK FLAG “What the…” di Google.*[]

Black-Flag (1) Black_Flag_-_Nervous_Breakdown_cover 1464988 2700122 HFs_Pettibon_CoverBF4

Oleh: Marko

One comment

  1. anak gaul (kekinian)

    dan bahkan logo black flag dipakai KK merch.. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.