Home / News / Sound News / REFUSED Lagi-lagi Membocorkan Lagu Barunya: “Dawkins Christ”
Refused (Photo: Dustin Rabin)

REFUSED Lagi-lagi Membocorkan Lagu Barunya: “Dawkins Christ”

KONTERKULTUR–Band hardcore politis asal Swedia, Refused, yang rencananya akan merilis album terbarunya “Freedom” pada 30 Juni 2015 nanti, kini mempromosikan satu lagu baru lagi berjudul “Dawkins Christ”, setelah beberapa minggu lalu mempublikasikan “Elektra”.

Menurut Metalinsider.net, lagu “Elektra” lebih terdengar se-tipe dengan lagu “New Noise” yang menjadi anthem dalam album Refused sebelumnya “The Shape of Punk To Come”. Sedangkan lagu “Francafrique” dalam album baru nanti akan lebih eksperimental.

Pada 11 Juni 2015 lalu, BBC mempublikasikan secara premier satu single baru lagi berjudul “Dawkins Christ” yang dikatakan sebagai “rekaman paling panas didunia”. Kedengarannya, single baru itu se-tipe dengan “Francafrique” namun dengan sound yang lebih berat, bahkan diberi tambahan riff-riff ala lagu-lagu Mesir.

Album “Freedom” ini dijual dengan sistem pre-order. Saat ini para penggemar sudah banyak yang memesan sebelum benar-benar dirilis pada 30 Juni 2015 nanti.

Secara musikal, album Refused kali ini lebih matang dan rapi. Tapi jika dilihat dari judul dan lirik lagu ini, Refused menjadi semakin militan dengan pemikiran atheis-nya. Secara sekilas, lagu “Dawkins Christ” ini menyuratkan pesan tentang bagaimana cara berpikir seorang ilmuwan biologi Richard Dawkins tentang Tuhan. Ilmuwan penganut teori Darwin itu adalah penganut atheisme dan sudah menyerang agama Kristen sejak masih usia muda.

Selebihnya simak sendiri video dibawah ini.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.