Home / News / Sound News / REFUSED: “Pembantaian di Suriah Harus Lebih Kita Kasihani daripada Korban Paris Attack!”
Refused (Photo: Dustin Rabin)

REFUSED: “Pembantaian di Suriah Harus Lebih Kita Kasihani daripada Korban Paris Attack!”

KONTERKULTUR–Selama ini band hardcore asal Swedia, REFUSED, selalu vokal dalam berbagai isu politis diberbagai belahan dunia. Dalam sebuah wawancara, mereka ditanya tentang tanggapan mereka terhadap pemerintah Inggris yang berniat melakukan pengeboman ke wilayah yang diduduki ISIS di Suriah, kemudian juga tentang tanggapan mereka terhadap tragedi Paris Attack dan pembantaian massal di Suriah oleh Bashar Assad.

Ketika ditanya oleh situs dyingscene.com, Dennis Lyxzen dan David menjawab sebagai berikut:

Dennis: “Atas dasar apa mereka mengebom Suriah? Karena membom Suriah adalah sebuah hal yang abstrak! Maksud saya, Assad (presiden Suriah yang membantai jutaan penduduknya sendiri-ed) adalah seorang bajingan, sedangkan negara itu sebelumnya adalah negara yang stabil. Namun sejak Amerika memberikan bantuan uang kepada oposisi, kemudian oposisi menjual senjata ke ISIS, kemudian semuanya jadi bergejolak. Dasarnya, Amerika ikut campur tangan urusan internal Suriah dan kini itu menyebabkan perang sipil.”

Kemudian Dennis membandingkan tragedi bom di Paris dengan kondisi di Suriah.

“Apa yang terjadi di Paris adalah kejadian yang mengerikan, tapi ada 200.000 orang yang mati dibantai di Suriah dalam waktu hanya 5 tahun saja. Menurut hitungan matematis membuktikan bahwa data ini kurang lebih adalah benar. PBB memperkirakan ada 220.000 orang telah terbunuh di Suriah antara bulan Maret 2011 hingga Januari 2015. Artinya ada 220.000 kematian selama 157 hari saja. Sedangkan di Paris, pada Nopember 2015 lalu, hanya ada 130 orang terbunuh.

David menambahkan, “Saya heran kenapa ada orang begitu vokal menyuarakan untuk peduli tragedi Paris. The New York Times menyuguhkan gambar beberapa orang mati saat tragedi di Bataclan sampai dituliskan secara detail profilnya. Saya paham alasannya mengapa melakukan itu, tapi di Suriah ada banyak drone yang mengancam keselamatan keluarga-keluarga di Suriah setiap hari! Sedangkan kamu nggak pernah melihat wajah-wajah mereka itu di koran-koran yang ada di Barat!”

Apa yang dikatakan REFUSED benar-benar membukakan mata kita selama ini yang hanya melihat segelintir masalah yang dibesar-besarkan media Barat, namun tidak bisa melihat masalah yang sangat besar di Suriah yang puluhan kali lipat lebih menyedihkan karena sama sekali tidak terekspos di media.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.