Home / Bedah Karya / Bedah Buku / [REVIEW] Buku “Punk Rock, Disebalik Fesyen & Muzik Bising”

[REVIEW] Buku “Punk Rock, Disebalik Fesyen & Muzik Bising”

KONTERKULTUR–Buku ini saya dapat dari editornya secara langsung ketika berkunjung ke Kuala Lumpur, Malaysia. Mengejutkan, ternyata scene punk Malaysia sudah pernah menerbitkan karya tulis yang digarap dengan serapi ini.

Ini adalah buku kumpulan esay tentang punk, punk rock, anarkisme, do it yourself, dan grup/personal-politik yang ditulis oleh beberapa scenester punk/hardcore di Malaysia. Setiap tokoh yang mengisi tulisan disini bercerita tentang pengalamannya selama berada di scene punk/hardcore di Malaysia. Mulai dari awal pertama kali mengenal punk, hingga mereka terjun lebih dalam lagi sampai mengenal sisi ideologis dari punk.

Selain itu, buku ini menyajikan opini-opini setiap scenester tentang poin-poin pembahasan diatas. Ada yang cenderung mengarah ke nostalgia, ada pula yang lebih mengarah pada kritik-kritik kepada stereotip punk itu sendiri.

Desain kover maupun layout yang dipakai buku ini cukup menarik. Ada 130 halaman isi yang disajikan bersama elemen-elemen visual yang mendukung, sehingga secara penampilan, buku itu bisa dibilang bagus. Namun secara isi, buku ini cenderung datar. Flat. Kurang “nonjok” karena tulisan-tulisan esay yang dimasukkan dalam buku ini terkesan seperti bercerita namun dalam durasi yang (menurut saya) terlalu kepanjangan. Bahkan terkadang esensi dari tulisan yang ingin disampaikan para penulis itu kurang jelas terbaca.

Editor: Dhani Ahmad dan Nizang

Penerbit: Kolektif Kaki Ketik & Papakerma

Cetakan pertama: Tahun 2012

Harga: 20 RM

buku punk 2

Red: Aik

One comment

  1. MaaF. BISA DiPesannya dimana untuk Buku. PUNK ROCK ini Min ,makasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*