Home / Artikel / Kamu Harus Tahu! / Riset: Mendengarkan Musik Keras dan Bising Bisa Merusak Pendengaran Dalam Waktu 28 Detik!

Riset: Mendengarkan Musik Keras dan Bising Bisa Merusak Pendengaran Dalam Waktu 28 Detik!

KONTERKULTUR—Organisasi kesehatan skala dunia, WHO (World Heatlh Organization) yang selalu memberikan rekomendasi untuk melindungi kesehatan masyarakat dunia mengatakan 1,1 Trilliun remaja dan dewasa muda sedang beresiko mengalami kerusakan pendengaran secara permanen. Hal ini bisa terjadi jika mereka mendengarkan bunyi-bunyian yang terlalu berlebihan lamanya dan berlebihan kerasnya.

Ini terjadi lebih dari 43 juta orang diantara umur 12 hingga 35 tahun, yang ternyata telah mengalami kerusakan pendengaran.

“Pola yang dilakukan dengan mendengarkan secara teratur dengan volume yang tinggi dan durasi yang lama menjadi ancaman serius. Sementara itu penting untuk diingat bahwa menurunkan volume suara, membatasi penggunaan pribadi perangkat audio untuk kurang dari satu jam sehari akan banyak mengurangi kebisingan,” jelasnya, dilansir blabbermouth (2/3/2015).

Dr. Etienne Krug, direktur WHO untuk Departemen “Management of Noncommunicable Disease, Disability, Violence and Injury Prevention” mengatakan kepada kantor berita BBC,

“Apa yang mereka lakukan di kehidupan sehari-hari mereka yang mereka nikmati, lebih dan lebih banyak orang lagi akan menempatkan mereka pada resiko kerusakan pendengaran.”

“Mereka harus berhati-hati bahwa ketika kamu sekali mengalami kehilangan pendengaran, maka tidak bisa lagi dikembalikan. Membuat pencegahan yang sederhana akan membuat orang melanjutkan untuk menikmati hidupnya tanpa harus beresiko kehilangan pendengaran.”

Fakta mencengangkan, menurut WHO, konser musik yang menggunakan sound system sebesar 120 dB bisa merusak pendengaran hanya dalam waktu 28 detik saja. Jika ada sumber audio, maka maksimum volume suara hanya 105 dB saja. Itupun tetap harus berhenti setiap 4 menit.

Itulah kenapa band metal asal Kanada, CANCER BATS, baru-baru ini mengkampanyekan keamanan pendengaran dengan menggunakan “earplugs” atau semacam alat untuk menutup telinga. Ajakan itu harus direspon secara serius.

Terlebih dari info ini kita bisa jauh lebih berhati-hati untuk menonton konser atau bahkan mengajak anak kecil untuk melihat konser. Kerusakan pendengaran adalah ancaman serius bagi siapapun, terlebih kepada anak kecil.*[KK]

Rep: Jamilah

Red: Markonah

One comment

  1. yaelah,ngajak anak kecil balita ke acara musik yang keras bising … klo ada ortu yang dengan sengaja secara suka rela gitu mungkin kejiwaannya terganggu :p,, apa lagi di indonesia ini ada juga ortu yang secara sengaja mengeksploitasi anaknya sok sok an metal gitu padahal masih kecil.. shit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.