Home / News / Sound News / Riset Mengatakan Bahwa Penggemar Musik Metal Paling Paham Soal Kematian?
Para pecinta musik metal (sumber: blabbermouth)

Riset Mengatakan Bahwa Penggemar Musik Metal Paling Paham Soal Kematian?

KONTERKULTUR–Satu lagi penelitian orang-orang Barat kepada musik metal. Kali ini, dimuat dalam Journal of Psychology Of Popular Media, musik heavy metal dikatakan bisa membantu para penggemarnya menemukan ide bagaimana penggemarnya memilih model kematiannya sendiri.

Empat puluh orang partisipan mengambil proyek penelitian ini, salah satu kelompoknya mendengarkan lagu SLAYER berjudul “Angel of Death” sedangkan kelompok lainnya mendengarkan sebuah audio dari sebuah buku. Para peneliti dari kampus-kampus di Belanda dan Jerman kemudian menanyai para partisipan dengan pertanyaan-pertanyaan kuesioner yang lengkap.

Para peneliti itu menuliskan dalam hasil penelitian mereka bahwa “Musik heavy metal sering di asosiasikan dengan kematian dan sekaratul maut oleh orang-orang yang bukan menjadi penggemarnya, sedangkan para penganut subkultur ini melaporkan bahwa mendengarkan musik metal adalah bentuk pelarian mereka dari depresi dan bahkan sangat membantu mereka berpikir dalam menghadapi kematian.”

Dua buah penelitian melaporkan apakah musik heavy metal bisa menjadi sebuah cara pandang kultural terhadap penderitaan eksistensial dengan menggunakan pengukuran implisit. Dalam penelitian pertama, mereka menemukan bahwa para penggemar metal tidak perlu lebih lanjut untuk meningkatkan wawasan mereka tentang kematian tetapi cukup mendengarkan musik metal sebagai induksi arti-penting tentang kematian.

Hasil penelitian yang kedua, mereka mengungkapkan bahwa musik metal bisa mendukung lebih lanjut dalam meningkatkan rasa pede bagi penggemarnya, sedangkan yang bukan penggemar masih perlu meningkatkan rasa pede mereka sendiri dengan cara yang lain.

Artikel tersebut diberi judul “The Memory Remains: How Heavy Metal Fans Buffer Against The Fear Of Death,” dan bisa ditemukan dalam website American Psychological Association.

Jika memang penelitian ini terbukti benar, maka penggemar heavy metal adalah orang yang paling memahami arti kematian. Namun setujukah anda dengan kesimpulan itu?*[KK]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.