Home / News / Sound News / Rob Halford: Musik Heavy Metal Bukan Untuk Merusak Anda!

Rob Halford: Musik Heavy Metal Bukan Untuk Merusak Anda!

KONTERKULTUR–Heavy metal bukan untuk merusak! Pernyataan ini diungkapkan oleh vokalis dari band metal Judas Priest, Rob Halford saat diwawancarai oleh stasiun radio Texas Hot dan disinggung mengenai kasus yang sempat menimpa Judas Priest pada tahun 1990 silam .

Menurut jurnal Reno Gazette, klaim tuntutan pada tahun 1990 tersebut adalah tuduhan pada band Judas Priest yang banyak mengandung pesan destruktif seperti ajakan untuk minum alkohol dan ajakan untuk bunuh diri. Lirik lagu yang bermakna ajakan seperti “try suicide” dan “let’s be dead” dapat ditemukan di salah satu album Priest yang berjudul “Stained Class”.

Disinggung lagi tentang kasus tersebut Halford mengatakan “Kami tegas menolak setiap tuduhan atau dugaan bahwa gaya dan pemikiran musik kami memiliki kekuatan untuk mempengaruhi apalgi mengambil hidup seseorang. Pada akhirnya, semua itu adalah pilihan individu! Jika anda menjadi kacau akibat minuman keras atau obat-obatan – berarti anda memiliki semacam ketidakstabilan mental – yang harus ditangani.  Musik tidak akan pernah berupaya untuk membunuh anda!”, dikutip dari blabbermouth.net (09/11/2014).

Kasus yang menyeret band metal Judas Priest ini memang berakhir pada putusan bebas tuntutan. Di akhir persidangan, peradilan memutuskan bahwa tidak ada bukti konkrit mengenai pesan tersembunyi dalam lirik lagu yang mengarah pada ajakan bunuh diri. Pada tahun 1992 juga telah dirilis film documenter persidangan Judas Priest yang berjudul “Dream Deceivers”.

Di akhir wawancara, Halford menegaskan “Kami menerima bahwa beberapa orang tidak suka heavy metal, tapi kita tidak bisa membiarkan mereka meyakinkan kita bahwa jenis musik ini negatif dan destruktif. Heavy metal adalah teman yang memberikan orang senang dan kenikmatan dan membantu mereka melalui masa-masa sulit.”

Kalau benar heavy metal seperti itu, maka mulai saat ini anak-anak metal harus bersih dari alkohol, drugs, seks bebas, rokok dan berbagai hal yang destruktif lainnya. So, ayo!*[KK]

Rep: Aik

Red: Hanny Adiati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.