Home / Artikel / Kenal Tokoh / Robin Pham Thanh, Pencetus Gerakan ‘Straight Edge Against Racism’ di Jerman
Robin Pham Thanh of Vegans Against Racism (foto: straight edge worldwide)

Robin Pham Thanh, Pencetus Gerakan ‘Straight Edge Against Racism’ di Jerman

KONTERKULTUR–Salah satu musisi sekaligus aktivis straightedge asal Jerman, Robin Pham Thanh, melaunching gerakan sosial dengan melakukan penggalangan dana di Dresden, Jerman. Gerakan sosial tersebut diawali dengan merilis T-shirt bertema Vegan. Hasil penjualan T-Shirt yang bertuliskan “Vegan” dan bergambar dua palu yang saling bersilang tersebut keseluruhannya akan didonasikan untuk mensupport krisis pengungsi yang saat ini sedang marak di Eropa.

“Saya telah mengikuti gaya hidup straight edge selama 7 hingga 8 tahun. Sebelumnya saya adalah seorang anak muda yang tak bisa lepas dari rokok dan minuman keras, dan saya sangat menyesal! Saya telah menyesal telah membuat rusak diri saya sendiri. Saya juga diliputi perasaan bersalah karena telah menyakiti orang-orang di sekitar saya yang selalu menasehati saya waktu itu. Karenanya, saat ini yang saya fikirkan adalah bagaimana membuat straight edge sebagai gerakan yang bisa memberikan manfaat bagi dunia. Tidak memandang ras dan tak peduli darimana kita berasal, straight edge adalah gerakan peduli pada kehidupan!”, ungkap Thanh seperti yang dilansir dalam straightedgeworlwide.com (22/09/2015).

Selain memberikan perhatian pada krisis pengungsi yang kini sedang mencuat di publik Eropa, proyek “Vegan Against Racism” juga memberikan perhatian pada perlindungan terhadap pembantaian hewan. Gerakan ini mengutuk perilaku orang-orang tak bertanggungjawab (khususnya di Eropa) yang dianggap masih banyak melakukan hal-hal buruk kepada hewan peliharaan maupun hewan liar. Dalam situs penjualan kaos Vegan Against Racism, Thanh juga mengajak orang-orang yang bukan penganut straight edge untuk ikut serta dalam gerakan sosial ini.*[KK]

Rep: Markonah

Red: Ynnah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*