Home / News / Sound News / Scott ‘ANTHRAX’: “Bisnis Streaming benar-benar bikin musik jadi nggak berharga”

Scott ‘ANTHRAX’: “Bisnis Streaming benar-benar bikin musik jadi nggak berharga”

KONTERKULTUR–Baru-baru ini, From Hero To Zero, melakukan wawancara kepada gitaris ANTHRAX, Scott Ian dan membahas beberapa hal terkait dengan layanan streaming dalam mengakses lagu-lagu mereka. Sebagaimana yang dilakukan Spotify dan Pandora sebagai situs yang layanan streaming lagu yang juga menyediakan lagu-lagu ANTHRAX didalamnya.

“Kamu menghasilkan uang dari profesimu sebagai seorang seniman, saya merasa seperti kita harus dibayar lebih tinggi dari yang saat ini kita dapatkan. Saya pikir apa yang dilakukan situs-situs streaming dan beberapa jenis situs lain yang menyediakan cara untuk mendapatkan musik hari ini, pada dasarnya, apa yang mereka lakukan benar-benar tidak menghargai musik.”

“Musik tidak memiliki nilai dalam pikiran orang di planet ini, seperti yang terjadi sepuluh tahun yang lalu, dua puluh tahun yang lalu … Ini saja benar-benar gak menghargai.”

Menurut Scott, nilai dari komoditas musik hari ini sudah banyak berkurang. Suatu album nggak pernah dijual semurah seperti di era sekarang ini. Kita bisa membeli album baru, katakanlah di iTunes dengan harga hanya sepuluh dolar. Padahal dulu anda harus jauh-jauh ke toko musik, seperti Virgin Megastore misalnya, dengan harga yang lebih mahal, setidaknya tujuh belas dolar. Yang diuntungkan lebih banyak adalah pihak situs streaming.

Menurut Scott, bisnis streaming inilah yang menyebabkan orang tidak menghargai karya para musisi. Beli semurah-murahnya, sedangkan musisi dapetnya sedikit. Yang besar, masuk ke kantong para penyedia streaming.

Scott menambahkan, “Jika Spotify akan membayar lebih banyak uang untuk band atas seni mereka menciptakan, saya pikir hanya pada umumnya orang akan memiliki pandangan yang lebih baik dari musik yang telah musisi itu ciptakan, dan berpikir bahwa karya tersebut bernilai lebih. Musik harus bernilai sesuatu. Ini adalah sesuatu yang berharga. Kami menciptakan seni, dan bisnis streaming telah benar-benar mendevaluasi apa yang kita lakukan. Dan jelas saya pikir itu omong kosong.”*[KK]

Rep: Marko

Red: Jamil

One comment

  1. sory, kenyataan sosial tidak mendukung beli lagu langsung ke bandnya.
    fight capitalism and build socialism!
    worker of the world unite!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.