Home / Artikel / Gaya Hidup / Sejarah Kemunculan Istilah ‘Positive Mental Attitude’ (PMA)

Sejarah Kemunculan Istilah ‘Positive Mental Attitude’ (PMA)

KONTERKULTUR–Istilah Positive Mental Attitude (PMA) sangat populer di kalangan scene punk/hardcore di seluruh dunia. Band hardcore tua, BAD BRAINS, dalam lagunya “Attitude” menyebutkan istilah PMA. Lalu demikian juga Toby Morse dari H2O yang mengaku terinspirasi oleh istilah itu dan mulai membentuk gerakan ONE LIFE, ONE CHANCE di daerahnya. Bahkan sebuah band Ska asal Jepang yang sempat baik daun, KEMURI, juga menyanyikan lagunya yang frontal menyebutkan PMA sebagai judul lagunya.

Tahukah asal mula dari istilah ini dari mana? Tulisan singkat ini mungkin akan cukup membantu untuk tahu darimana istilah tersebut muncul dan siapa yang mempopulerkan di kalangan scene punk/hardcore di seluruh dunia.

Toby Morse H2O sempat menjelaskan dari mana istilah ini dalam situsnya. “Saat aku masih remaja, salah satu lagu yang membuat aku memutuskan untuk menjalani hidup dan memilih cara hidup yang baik adalah lagu “Attitude” milik band legendaris BAD BRAINS. Ada kalimat dalam liriknya yang mengatakan “Hey, kami punya PMA,” yang berarti Positive Mental Attitude. Sekarang aku selalu berbincang, bernyanyi, dan menjalani hidup secara PMA!.”

Nah, sekarang dari mana BAD BRAINS mendapatkan ide tentang PMA itu?

Ternyata setelah ditelisik, berbagai sumber mengatakan bahwa BAD BRAINS mengadopsi istilah itu dari seorang penulis dan motivator bernama Napoleon Hill. Beliau pernah menulis buku yang sangat fenomenal berjudul THINK AND GROW RICH pada tahun 1937. Dalam buku itu, Napoleon Hill menyebutkan istilah PMA yang pertama kalinya.

Buku Napoleon Hill itu juga sudah lama beredar di Indonesia. Bahkan telah dianggap buku best seller dunia. Namun judul versi Indonesianya adalah “Berpikir dan Menjadi Kaya” dalam berbagai versi desain kover.

Buku Napoleon Hill lainnya bahkan ada yang lebih gamblang menyatakan istilah PMA dalam judul bukunya “Success Through a Positive Mental Attitude”.

HR, si vokalis dari BAD BRAINS, pernah membaca “Think and Grow Rich” dan kemudian menginspirasinya dalam gaya hidup PMA. Hal itu dinyatakan HR dalam sebuah interview yang sempat beredar di media.*[]

Penulis: Markonah

Editor: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.