Home / Artikel / Gaya Hidup / “Straight Edge”, Gaya Hidup Apakah Itu?

“Straight Edge”, Gaya Hidup Apakah Itu?

KONTERKULTUR–Straight Edge adalah sebuah gaya hidup, filosofi dan pergerakan anak muda yang menganut anti penggunaan narkoba, penggunaan minuman beralkohol, merokok dan hubungan sex bebas (casual sex), walaupun pergerakan garis keras yang lebih dalam mereka menghidari penggunaan obat secara menyeluruh (termasuk penggunaan secara medis) dan mereka mempercayai bahwa sex tidak untuk berganti-ganti pasangan.

Straight edge hanyalah sebuah motivasi hidup untuk tidak merusak diri sendiri dengan mengonsumsi zat-zat/ hal-hal yang dianggap berbahaya untuk diri sendiri dan penyikapannya kembali kepada kontrol individu. Gaya hidup straight edge mencoba untuk memberikan alternatif baru di scene punk/ hardcore yang sangat identik dengan kebiasaan mabuk dan kerusuhan.

Banyak orang yang mengklaim bahwa dirinya seorang penganut faham ini karena mereka ingin mengontrol kehidupan mereka, berontak dari budaya penggunaan narkoba, menghindari diri berhubungan dengan narkoba, mereka menyaksikan efek negatif dari penggunaan narkoba dalam keluarga atau teman-teman, atau bahkan bisa pula untuk membedakan diri (Alfansuri, 2007). Filosofi utama yang dibawakan oleh penganut faham ini adalah penggunaan narkoba terhadap lingkungan sosial dan krisis moral yang bisa menyebabkan hancurnya rumah tangga, bisnis dan khususnya kehidupan anak-anak remaja.

Ide tentang straight edge ini sebenarnya sudah ada di dalam lagu-lagu band protopunk tahun 70-an yakni The Modern Lovers. Namun istilah Straight Edge dicetuskan oleh band Minor Threat, band ini disebut sebagai dasar gaya hidup ini, dalam sebuah lagu mereka yang berjudul Straight Edge.

Asal mula Istilah “Straight Edge”

Istilah “Straight Edge” didapat dari sebuah lagu band Minor Threat dalam album EP pertamanya. Lagu itu menginspirasikan sebuah gerakan yang lurus didalam gerakan punk/hardcore. Lagu ini terlihat panggilan untuk pantang dari konsumsi alkohol dan narkoba (sebuah hal baru dalam dunia musik rock) yang pada awalnya ditemukan hanya selingkup kecil, tetapi kemudian gerakan ini dilanjutkan oleh band-band punk/hardcore generasi berikutnya. Lagu ini berdurasi hanya 46 detik dan hanya terdiri dari dua bait lirik.

minorthreat1demo

Lirik utamanya adalah bagaimana band ini menghadapi berbagai penyalah gunaan narkoba seperti methaqualone, kokain, ganja, dan inhalant dan kehinaan bagi orang-orang yang menggunakan terlalu banyak obat-obatan, suatu hal yang umum selama dipertunjukkan underground. Lirik pada bait kedua yang mereka bawakan adalah tentang sikap mereka untuk tidak memaksakan diri memakai narkoba.

Pergerakan straight edge yang telah diikuti oleh beberapa orang sebenarnya tidak disangka oleh vokalis Minor Threat, Ian MacKaye. Ia menyatakan beberapa kali bahwa dia tidak memiliki tujuan untuk membuatnya menjadi sebuah gerakan.*[wikipedia]

Editor: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.