Home / Bedah Karya / Bedah Zine / Sub Chaos Zine #10

Sub Chaos Zine #10

KONTERKULTUR—Sub Chaos zine adalah zine tertua yang ada di Surabaya. Konon zine ini muncul karena banyak terinspirasi oleh munculnya Tiga Belas zine yang dieditori oleh Arian13 yang saat itu masih jadi vokalis Puppen. Zine punk ini sebenarnya sudah lama mati. Kira-kira pada tahun 2003-an, sang editor menutup edisi ke-8 dengan salam perpisahan. Namun kemudian muncul lagi edisi ke-9 pada tahun 2010 dengan perubahan yang drastis pada sisi pemikiran sang editor. Zine ini membawa pemikiran baru di kalangan subkultur punk, yang sangat kental dengan unsur religius Islam. Aik, sang editor mengusung pemikiran itu sembari satu persatu mengkritisi ide-ide para pemikir punk…

Review Overview

Muatan Ideologis - 8.9
Kontroversial - 9.1
Kualitas penulisan - 8.8

8.9

Awesome!

User Rating: 3.58 ( 2 votes)
9

KONTERKULTUR—Sub Chaos zine adalah zine tertua yang ada di Surabaya. Konon zine ini muncul karena banyak terinspirasi oleh munculnya Tiga Belas zine yang dieditori oleh Arian13 yang saat itu masih jadi vokalis Puppen.

Zine punk ini sebenarnya sudah lama mati. Kira-kira pada tahun 2003-an, sang editor menutup edisi ke-8 dengan salam perpisahan. Namun kemudian muncul lagi edisi ke-9 pada tahun 2010 dengan perubahan yang drastis pada sisi pemikiran sang editor. Zine ini membawa pemikiran baru di kalangan subkultur punk, yang sangat kental dengan unsur religius Islam. Aik, sang editor mengusung pemikiran itu sembari satu persatu mengkritisi ide-ide para pemikir punk yang dinilai sudah usang. Sang editor dengan sangat percaya diri menuliskan pendapat-pendapatnya dalam Islam sebagaimana pede-nya Ray Cappo mendakwahkan Hare-Khrisna yang dianutnya. Mungkin zine ini bisa dikatakan sebagai zine punk pertama di Indonesia yang berani membawa label Islam ke dalam scene punk.

Pada edisi ini, sang editor mengkritisi tentang definisi punk yang selama ini dianggap rancu dan membuka celah pada definisi punk baru menurut siapapun. Juga tentang kritik-kritik terhadap pemikiran anarkisme, faham straight edge dan isu rasisme yang sering dibicarakan dalam scene punk. Tulisan-tulisan yang dibuat dalam zine ini jauh lebih berbobot dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. Bahkan terkadang editor ikut mencantumkan referensi yang dipakai dalam berargumentasi. Ini menunjukkan ada perkembangan dalam aspek kualitas tulisan.

Zine ini berukuran A5 dan berisi 20 halaman. Termasuk halaman kover dan back-kover. Dijual tidak lebih dari Rp.1500,- saja sebagai pengganti ongkos fotokopi. Jika kesulitan mendapati versi cetaknya, kita bisa mengunduhnya dari link dibawah ini:

Download Sub Chaos Zine #10 sekarang!

Bagi siapapun yang merasa dekat dengan subkultur punk dan merasa ingin tahu bagaimana ide-ide Islam masuk didalamnya, maka zine ini buat kalian. Baca dan sebarkan!*[KK]

Oleh: Azhaar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.