Home / News / Sound News / Tidak jadi Bubar, Refused Malah Memecat Gitarisnya
photo source: www.nytimes.com

Tidak jadi Bubar, Refused Malah Memecat Gitarisnya

KONTERKULTUR–Band hardcore legendaris asal Swedia, Refused, baru saja memecat salah satu gitarisnya, Jon Brännström. Jon mengaku dipecat pada 31 Oktober 2014 lalu di laman facebook Refused dengan berkata bahwa proses pemecatan itu sudah beberapa waktu yang lalu dan dirinya merasa tidak mendapatkan alasan yang jelas serta tidak mendapatkan kesempatan untuk duduk dan berbicara tentang masalah tersebut.

“Saya telah dipecat dari Refused beberapa waktu lalu. Saya tidak diberi alasan yang jelas dan tidak pernah diundang untuk duduk dan berbicara tentang masalah ini, jadi saya benar-benar tidak yakin mengapa mereka memilih untuk melanjutkan band tanpa saya,” jelas Jon.

Dia melanjutkan, “Kami selalu lebih baik dengan punk rock daripada proses demokratis dan menghadapi konflik, jadi saya rasa saya tidak terlalu terkejut jika akhirnya jadi seperti ini. Cukup menyedihkan, tapi mungkin ini adalah yang terbaik.”

“Saya selama ini selalu suka menulis lagu daripada memproduksinya, terlebih di studio di rumah daripada di jalanan. Kenyamanan dengan proses intelektual yang lambat dari pada bereaksi secara instingtif dalam kondisi terguling. Apa yang paling menyakitkan bagi saya adalah, seyogyanya, soal sikap ini.

“Kami telah menjalani kondisi yang naik turun, but kami selalu melewati itu semua bersama dan bergandengan bersama melalui Refused selama 21 tahun.”

“Sudah seharusnya saya bangga dengan memanggil mereka sebagai teman

Dari pihak band, menanggapi pernyataan Jon tersebut dengan pernyataan sebagai berikut:

“Kami telah memutus ikatan dengan Jon sebenarnya sudah sejak tahun 2013 karena dia tidak membawa semangat kami kepada band. Kami tidak tahu kenapa dia memilih untuk menebarkan pernyataan itu di facebook atau mengapa dia melakukan ini sekarang, atau malah dia hanya ingin memanggil salah satu dari kami untuk muncul. Meskipun demikian kami doakan dia mendapat yang terbaik atas apa yang dia usahakan.”

Refused adalah band hardcore yang sebenarnya sudah lama menyatakan bubar, yaitu tahun 1998 setelah merilis album berjudul “Shape of punk to come” dengan berbagai lagu didalamnya yang menandakan keputusasaan terhadap perjuangan kebebasan yang mereka lakukan selama puluhan tahun. Dalam videonya yang berjudul “Refused are fucking dead” pun demikian, didalamnya tergambar nuansa yang sendu dan putus asa atas teriakan-teriakan mereka selama diatas panggung.

Namun entah mengapa kemudian pada tahun 2012, mereka muncul kembali dan melakukan show di berbagai belahan dunia. Hingga hari ini.

Kalau begini namanya “Refused are not fucking dead”, dong?*[KK]

Rep: Aik

Red: Abu Hafizh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.