Home / Artikel / Kenal Tokoh / [Video] Inilah Kronologis Pembunuhan John Lennon yang Tragis

[Video] Inilah Kronologis Pembunuhan John Lennon yang Tragis

KONTERKULTUR–John Lennon adalah seorang musisi rock Inggris yang memperoleh perhatian dunia sebagai salah seorang pendiri The Beatles, penyanyi solo, dan tokoh politik. Banyak sekali video-video yang beredar yang menceritakan kronologis maupun suasana setelah John Lennon dikabarkan mati (lihat link video dibawah ini).

Ia mati secara tragis dengan cara ditembak empat kali didadanya. Tembakan kelima meleset. Sang penembak gelap itu teridentifikasi dengan nama Mark David Chapman.

Kejadian tragis itu terjadi di lorong pintu masuk bangunan dimana ia menetap, The Dakota, hari Senin tanggal 8 Desember 1980. Saat penembakan terjadi, Lennon baru saja kembali dari Record Plant Studio dengan istrinya, Yoko Ono.

Lennon diumumkan meninggal di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center, dimana telah dinyatakan bahwa tak seorangpun yang dapat hidup lebih lama setelah mengalami peristiwa seperti itu. Meskipun Lennon tiba di rumah sakit tanpa detak jantung, tim dokter berusaha menyelamatkan nyawanya menggunakan berbagai prosedur medis. Transfusi darah dan pemicu jantung juga diusahakan untuk menyelamatkan jiwanya. Setelah stasiun berita lokal melaporkan kematian Lennon, orang-orang berkumpul di Roosevelt Hospital dan di depan The Dakota.

Jenazah Lennon dikremasi (dibakar) pada hari Rabu, 10 Desember 1980, di Ferncliff Cemetery di Hartsdale, New York. Debu dari hasil kremasi diberikan pada Yoko Ono.

John Lennon selama ini dikenal sebagai musisi yang dipuja-puja seluruh dunia. Hal ini yang membuat dirinya justru sombong luar biasa. Kematiannya justru menjadi bukti bahwa arogansi dan kelancangannya terhadap Tuhan dibalas dengan sangat keras.

Ketika The Beatles ngetop dan namanya meroket bukan masalah, tapi ketika John Lennon berkata: ” The beatles lebih terkenal dari Tuhan dan lihat siapa yang akan tenggelam lebih dahulu ajaran Tuhan atau The Beatles.”

Ternyata tak lama kemudian di tahun 1966 The Beatles bubar dan John Lennon yang sudah mengatakan bahwa the Beatles lebih terkenal dari Tuhan, malah dibunuh oleh penggemarnya sendiri. Sedangkan Tuhan tetap abadi hingga kini.*[]

Rep: Markonah

Red: Jamilah

One comment

  1. mantap! KK 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.