Home / News / Sound News / Vullmie ‘SICK TIMES’: “Kami siap membantu para pengungsi Suriah yang masuk ke Jerman”

Vullmie ‘SICK TIMES’: “Kami siap membantu para pengungsi Suriah yang masuk ke Jerman”

KONTERKULTUR—Vokalis sekaligus gitaris band hardcore punk asal Jerman ‘SICK TIMES’, Vullmie, menyatakan sikap kepeduliannya kepada pengungsi Suriah yang baru-baru ini banyak dibicarakan di media. Hal tersebut dikatakan tadi malam (12/09/2015) di sela-sela lagu keempatnya ketika show di Surabaya.

“Terkait dengan isu krisis pengungsi Suriah yang baru-baru ini dibicarakan, kami menyatakan bahwa persetan dengan orang-orang (di Eropa-ed) yang menolak masuknya para pengungsi itu! Kami sebagai warga Jerman siap menerima dan membantu mereka dengan tangan terbuka,” kata Vullmie dalam bahasa Inggris yang kemungkinan tidak banyak hardcore kids yang paham dengan maksudnya.

Setelah mereka menyelesaikan lagu terakhirnya, KONTER KULTUR sempat mewawancara singkat tentang pernyataan mereka tersebut diluar venue. Vullmie menjelaskan dengan lebih detail bahwa pemerintah Jerman memiliki banyak uang untuk menolong para pengungsi dengan bantuan biaya hidup dan penyediaan tenda-tenda pengungsian. Bahkan mereka sangat mendukung jika para pengungsi itu ingin berusaha hidup mandiri di negaranya sambil bersekolah atau mencari pekerjaan.

“Negara kami pasti menerima mereka. Karena tingkat pertumbuhan penduduk di negara kami menurun. Tidak banyak orang yang mau menikah dan memiliki anak. Menambah jumlah penduduk beberapa lagi tidak menjadi masalah bagi kami,” tambahnya.

Ketika ditanya apakah mereka band politis, mereka menjawab, “bukan, kami bukan band politis. Lirik lagu kami tentang hal-hal yang menyenangkan, seperti skateboarding, dan lain sebagainya. Tapi kami sering bergabung dengan aksi langsung jika ada ketidakadilan di negara kami.”

SICK TIMES dibentuk pada tahun 2007 oleh tiga orang yang juga bermain di band hardcore punk lain seperti SKRÄCK, STAND AS ONE dan SPIT ON YOU. Kini line baru SICK TIMES adalah Zippi (Drum), Vullmie (Guitar & Vocals) and Matti (Bass). Tadi malam di Bhineka Surabaya adalah pertama kalinya mereka manggung di Indonesia, setelah sempat tour di Malaysia, Thailand, dan beberapa negara Asia lainnya. Sayangnya masih ada beberapa band lokal yang seharusnya ikut bermain dalam gig ini namun keburu dibubarkan oleh polisi.*[KK]

tiff infomation tiff infomation tiff infomation

bayi pengungsi Suriah yang tenggelam di perairan Yunani karena ditolak masuk Eropa. (foto: rferl.org)

bayi pengungsi Suriah yang tenggelam di perairan Yunani karena ditolak masuk Eropa. (foto: rferl.org)

Rep: Markonah

Red: Jamilah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.