Home / COUNTER BANDS / Band Lokal / [Wawancara] NOISE ADDICT: Positive Life dan Kritik Terhadap Liberalisme
Noise Addict

[Wawancara] NOISE ADDICT: Positive Life dan Kritik Terhadap Liberalisme

KONTERKULTUR–Noise Addict band Pop Punk asal Depok, Jawa Barat. Terbentuk dipertengahan tahun 2002 silam. Nama band Noise addict ialah sebuah nama pemberian dari almarhum Izenvocs Paper Gangster. Pada tahun 2008 album pertama dalam bentuk kaset berhasil di rilis, dengan judul “Lets Do Your Think” (Defend Record). Dilanjut di 2010 dengan merilis EP berjudul “Hello Addicted” (Defend Record) dan saat ini sedang dalam proses rekaman untuk album selanjutnya. Musik mereka banyak terpengaruh dari band-band seperti New Found Glory, Four Year Strong dan Hit The Lights.

Randyiqbal yang merupakan penggagas sekaligus leader dengan mengambil penuh lirik juga pemikiran dalam band ini. Dengan tegas Noise Addict sangat menolak adanya budaya Barat seperti faham atheisme, alkohol, drugs dan sejenisnya, juga isu illuminati/ new world order yang sering digemari anak-anak muda jaman sekarang. Mereka juga berusaha untuk selalu memberikan pesan positif bagi mereka yang memang suka, baru ingin suka, sampai yang sangat tidak suka pada band dan musik mereka. Line up saat ini adalah: Randyiqbal (Vocs), Ipank (Guitars), Lemaque (Bass), dan Edi Bewok (drums).

Berikut ini obrolan KONTERKULTUR dengan mereka melalui chatting:

Apa kesibukan kalian saat ini?

Saat ini kami sedang berada dalam proses recording album kedua dengan judul “With Or Without” yang rencananya akan rilis di awal tahun depan. Bantu doa ya..

Cool! Kalau boleh tahu, apa yang bikin kalian tertarik bikin band ini?

Pada awalnya kami cuma tidak ingin masa muda kami sia-sia tanpa melakukan hal-hal yang mampu diingat saat usia kami tua alias uzur. Hehee. Dengan kata lain, kegiatan yang ngebangun kreativitas. Nah, dari sini muncul-lah ide membuat band Punk rock.

Siapa saja yang menginfluence kalian dalam segi musikal dan lirik?

Segi musikal\band,kami sangat terpengaruh oleh band pop punk asal Florida USA, NEW FOUND GLORY.

Dan mengapa mereka?

Musik mereka yang kental dengan beat hardcore-pop-punk yang sangat modern, cukup membuat kami tertarik sampai saat ini. Dari segi lirik, kami sangat terpengaruh pria dengan nama IZEN, sosok vokalis band Paper Gangster yang meninggal pada tahun 2004 silam. Ia merupakan mentor buat kami. Usul tidak mengusung tema cinta dalam band adalah kiat-kiatnya. Lirik-lirik yang almarhum buat bikin kami tergugah. Liriknya cukup serius membahas isu-isu yang memang harus diteriakkan, mulai dari isu perang, konspirasi, politik, kemiskinan dan sebagainya. Dan itu hebat menurut kami. Nama Noise Addict pun lahir berkat pemberian darinya.

Apa yang biasa kalian bahas dalam lirik lagu?

Di album pertama kami membahas tentang kebebasan, lebih ke “lakuin apa yang mau lo lakuin dalam hidup lo”, tanpa harus berpikir itu hal baik atau buruk. Tapi di EP kami, selanjutnya kami tulis lirik-lirik seputar motivasi semangat untuk masa muda. Nah..kalau album yang mau rilis ini, merupakan titik balik atau sadar, karena isinya lebih banyak buat lirik dengan tema Positive Life dan kritik terhadap paham liberalisme.

Pernahkah kalian berpikir kelak akan totalitas bermusik dan bisa dapat memenuhi kebutuhan hidup dari bermusik?

Tidak,sama sekali tidak. Waktu pertama ngebentuk band ini juga targetnya gak kesana. Kami merasa keren jika bisa melakukan kegiatan lain selain band. Tapi band merupakan sesuatu yang serius. Cuma tidak pernah berharap jadi Rockstar..hee.

Kira-kira sampai usia berapa kalian bakal aktif di scene musik ini?

Kita bahkan tidak punya gambaran sampai kapan ya band ini berjalan.kita serahkan pada Sang Kholiq Maha Pembolak-balik Hati manusia. Jika tiba-tiba hati kita dibuat harus selesai, ya kita selesai. Tapi jika boleh, sekarang ini kami masih sangat bersemangat karena masih banyak yang kami ingin sampaikan melalui band.

Pernahkah punya pengalaman manggung yang buruk? Gimana ceritanya?

Pernah dan macam-macam kejadiannya, di Bogor pernah dikatain “cengeng”, dilempar biji salak sama Punkers kayanya mereka sangka kita band emo. Soalnya waktu itu band emo dibilang lembek kali ya. Mungkin lagi musimnya. Ganti mic drum yang patah karena si vokalis lompat ke drum. Sok-sok’an ngikutin Kurt Cobain sih lagian. Pernah juga diludahin sama senior kampus tempat kami perform, didaerah Jakarta Selatan. Si vokalis juga pernah sobek dibagian alis mata, karena berbentur dengan Bass saat perform. Namun pertunjukan terus berlangsung, dengan kepala berdarah-darah mirip band metal chaos, hee.. Pernah juga dikatain dengan satyr sama band yang manggung setelah band kami. Dan yang baru-baru ini terlibat adu mulut sama band regist di gig yang mengakibatkan tawuran massal diluar venue. Sampai libatkan polisi… haduuhh malu nih jadinya..heee

Busyet, banyak banget?! Hahaha. Ok, kali ini pertanyaannya agak personal. Kadang menjadi seorang yang relijius di scene punk agak tabu. Untuk beberapa orang masih kurang pede menunjukkan diri bahwa dirinya sebenarnya sangat relijius. Padahal itu sangat berbeda dengan di scene punk Barat, yang mana band-band hardcore/punk justru pede menunjukkan identitasnya sebagai orang-orang yang relijius. Menurut kalian kenapa begitu? Apa pendapat kalian?

Ya sangat disayangkan memang kenapa disini pada malu-malu kucing kalo punya agama di scene. Bahkan banyak yang jadi Atheis karbitan.miris kan! Padahal band-band luar: Underoath, Sick of Change, MXPX, mereka adalah Christian punk tulen. NOFX dan Bad religion merupakan yahudi kafah yang sering ngotot dan lugas menorehkan ideologinya lewat lagu-lagu mereka. Belum lagi ada Bane, Ray Cappo dan lainnya yang memprogandakan ajaran Khrisna-nya (Hindu-red). Jadi kenapa kita mesti malu ya utk bersikap religius? Hal itu selalu kami sindir lewat “Asalamualaykum wr wb” sebelum manggung dan “Ingat Mati Agar Hidup Lebih Berarti”, kami rasa itu cukup mewakili kebanggan terhadap agama yang kami cintai.

Apa pendapat kalian tentang alkohol, seks bebas dan narkoba?

Ini isu-isu yang akan kami bahas dalam konsep album baru kami, juga saat kami manggung. Kami jelas menolak budaya pembodohan ini. Tiga hal inilah yang menjadi senjata Barat untuk memisahkan kita dari agama dan menciptakan pemuda-pemuda munafik dalam scene.

Pernah punya pengalaman khusus tentang tiga benda berbahaya itu?

Pengalaman, tidak dipungkiri kami sempat main bareng sma teman-teman yang suka hidup dijalan itu. Nggak sedikit yang tewas, tertangkap polisi dan sebagainya. Dan sekaranglah waktunya menggaungkan Postive Life dan mengingat kematian.

Apa harapan band ini kedepannya dalam jangka pendek maupun jangka panjang?

Jangka pendek: kami ingin album baru kami rilis awal tahun, dan bisa launching, lalu Tour. Juga bisa kerja sama dengan label yang kira-kira satu visi dengan pemikiran kami. Aamiin. Jangka panjangnya, mengajak berpikir anak-anak muda di indonesia yang kebanyakan terkontaminasi pemikiran-pemikiran Liberal untuk kembali hidup dalam jalur yang positif, sadar akan kedzaliman. Lahirnya band-band dengan konsep yang serupa, agar bisa saling bersinergi satu sama lain serta kerja sama dalam membangun solusi-solusi pikiran lurus untuk para pemuda akhir zaman ini.

Apa pandangan kalian tentang pembajakan? Bolehkah, atau boleh namun bersyarat, atau justru terlarang secara mutlak?

Jujur, kami tidak melarang, tapi juga tidak membolehkan pembajakan terjadi. Kami juga tidak bisa memaksakan orang-orang yang tidak cukup uang untuk wajib membeli yang official. Kami percaya setiap orang-orang yang nge-fans sama satu band misalnya, dia akan beli produk asli band yang disukainya.Ya, kalau nggak cd dan kasetnya, mungkin merchandisen-ya atau lainnya.*[]

***

Diskografi Noise Addict:

  1. Simpletone From Simpleton (Simpleton Melodies Record) 2005
  2. Star Sucks Compilation (Akward Record) 2007
  3. Part Of The Hearts Compilation
  4. Beat Of Sound Compilation
  5. Putih-Abu Compilation
  6. Indonesian EasyCore Compilation
  7. Peter Says Denim “kickin Alive” Compilation (PSD Records) 2011

 

Kontak dan informasi detail Noise Addict:

www.Reverbnation.com/helloaddicted

www.facebook/NoiseAddict

www.twitter.com/@noiseaddict02

http://helloaddicted.blogspot.com

www.youtube.com/noiseaddict

***

Oleh: Markonah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.