Home / Artikel / Gaya Hidup / [Wawancara] Toby Morse ‘H2O’ Tentang Kampanye Hidup Sehat “One Life One Chance”

[Wawancara] Toby Morse ‘H2O’ Tentang Kampanye Hidup Sehat “One Life One Chance”

KONTERKULTUR–Vokalis H2O, Toby Morse memang patut dicontoh. Dia begitu pede mengkampanyekan proyek gaya hidup positif yang digagasnya dengan nama ONE LIFE ONE CHANCE. Berikut ini adalah penjelasan Toby dari sebuah wawancara yang dilakukan Ineffecthardcore.com kepada beliau beberapa bulan lalu:

IE: Toby, bisakah kamu berikan penjelasan kepada kami apa yang melatarbelakangi kamu bikin proyek ONE LIFE ONE CHANCE. Sebenarnya pesan apa yang ingin disampaikan dalam proyek ini?

Toby:  Untuk menginspirasi anak-anak muda untuk memilih gaya hidup sehat dan bisa menjadi diri mereka sendiri dan untuk tidak mendapatkan tekanan dari sesamanya. Dan juga mematahkan stereotipe musisi bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu kecanduan narkoba dan suka hura-hura, khususnya saat melihat kami yang penuh tattoo seperto ini. Orang-orang pada umumnya melihat kami sambil seperti “kamu seorang vegetarian 24 tahun yang lalu? atau bebas narkoba sepanjang hidupmu? lalu berkata “yeah benar.”

Toby Morse saat mengadakan penyuluhan kepada anak-anak SMA dan Kuliah tentang gaya hidup positif yang digagasnya. (Photo by Chris Roque)

IE: Seberapa banyak sekolah yang sudah diadakan penyuluhan tentang proyek ini, dan dimana saja sekolah tersebut? 

Toby:  Saya sudah memberikan penyuluhan sebanyak 17 sekolah yang jauh dari New York, Connecticut, California, Ohio, New Jersey, dan Massachusetts.

IE: Ini seperti menyatukan banyak momentum, apakah sekolah-sekolah itu menghubungi kamu atau kamu yang menghubungi mereka? 

Toby: Mereka yang menghubungi kami, itu luar biasanya. Ini menyebar dari mulut ke mulut, mulai murid yang pernah tahu lebih dulu, lalu cerita ke orangtua mereka, lalu ke guru-guru, dan seterusnya. Ini cukup luar biasa jika kita tahu bagaimana ini berjalan begitu saja. Matt Pike orang yang pernah mengundang H2O sekitar 10 tahun yang lalu telah menghandle seluruh sekolah dan menjawab semua e-mail yang ditujukan ke website kami. Dia yang menata semua ini dan melakukan pekerjaan yang sangat luar biasa.

 

Photo by Chris Roque

IE: Kalau dilihat foto-foto kamu saat presentasi sepertinya kamu banyak membahas tentang musik hardcore, seberapa banyak kamu membicarakannya dalam penyuluhan?

Toby: Hanya sedikit. Karena hardcore telah memberi dampak positif kepada hidup saya secara personal, namun anak-anak banyak bertanya tentang bagaimana saya tidak mabuk dan tidak menggunakan narkoba dan jika saya mengalami tekanan atau ejekan karena nggak pernah ikutan hura-hura berpesta bersama teman-teman. Ini cukup memberikan impresi kepada mereka bahwa saya memang sudah seperti ini sepanjang hidup saya dan melihat bagaimana saya melakukannya, dan bahwa saya juga masih nge-band juga. Ada berbagai stereotipe diluar sana yang digembor-gemborkan dan anak-anak muda itu sangat terpengaruh hal itu akhir-akhir ini. Saya hanya ingin mereka tahu bahwa kamu tidak harus mencoba hal-hal buruk itu, atau mencoba merasakan apakah itu benar-benar terasa keren atau tidak. Saya punya beberapa contoh teman-teman yang saya tampilkan dalam powerpoint presentasi saya yang mana mereka sangat dihormati, artis sukses, aktor, dan atlit, yang mereka memiliki hidup yang menyenangkan dan tidak butuh minum alkohol, merokok, atau memakai obat bius sama sekali. Saya pikir ini adalah contoh model yang luar biasa untuk ditiru oleh anak-anak muda.

IE: Bagaimana reaksi yang terjadi di sekolah itu setelah kamu melakukan presentasi ini kepada mereka? 

Toby: Saya tetap dekat dengan para guru dari seluruh sekolah yang pernah saya datangi. Para murid banyak yang menjadi follower saya di Facebook maupun twitter dan suka curhat tentang apa yang mereka lakukan bersama teman-temannya. Salah satu pasangan kemudian menjadi penggemar H2O dan sempat hadir di dua konser kami yang terakhir di East Coast dan ini keren. Satu anak ada yang hampir saja menyelesaikan 400 hari mabuk melulu, namun sejak saya mengunjungi sekolahnya dengan OLOC dia menjadi terinspirasi dan mengubah hidupnya hari itu. Itu yang menakjubkan, dan itu berarti membuktikan bahwa anak-anak mendengarkan apa yang saya katakan.

***

Benar-benar luar biasa gerakan ONE LIFE ONE CHANCE yang digagas Toby H2O ini. Kapan scene hardcore di Indonesia mau mengundang beliau untuk berkampanye di negeri ini?*[KK]

Red: Jamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.